Yang Harus Dilakukan Setelah Tambal Gigi

Ka Isanta – Tambal gigi adalah tindakan dimana bagian gigi yang rusak atau membusuk dihilangkan dan bagian tersebut diisi dengan bahan pengganti untuk melindungi gigi dari kerusakan lebih lanjut, serta mengembalikan penampilan dan fungsi gigi. Bahan pengganti ini, yang disebut sebagai tambalan, dapat terbuat dari emas, perak, amalgam, resin komposit, kaca ionomer, atau porselen. Tiap jenis bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang perlu dipikirkan sesuai dengan pertimbangan khusus pasien, untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk digunakan. Jika gigi yang rusak sudah melalui prosedur penambalan, bukan berarti selesai begitu saja. Anda perlu untuk menjaganya dengan melakukan perawatan setelah tambal gigi. Apa saja perawatan tambal gigi yang harus dilakukan?

Setelah gigi ditambal, tentu saja Anda harus melakukan perawatan khusus tiap harinya. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan setelah tambal gigi:

perawatan tambal gigi

  • Hindari makanan yang sangat panas atau sangat dingin. Pada efek anestesi belum benar-benar hilang, Anda disarankan untuk tidak makan terlebih dahulu. Mulut yang masih dalam pengaruh anestesi akan membuat Anda tidak dapat merasakan suhu makanan atau merasakan bagian-bagian di dalam mulut. Anda bisa makan setelah melewati 24 jam dengan syarat tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis, sangat panas, atau sangat dingin.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang sulit dikunyah. Setelah tambal gigi, hindari mengonsumsi makanan yang keras, kenyal, dan lengket karena bisa merusak tambalan gigi. Contohnya es, cokelat, permen, keripik, atau kentang goreng. Sebaiknya konsumsi makanan yang lembut dan renyah seperti nasi tim, tomat, brokoli, bayam, serta beragam sayuran lainnya.
  • Pilih gigi di sisi lain saat mengunyah. Saat Anda sudah mulai boleh makan seperti biasa, hidari mengunyah menggunakan gigi yang baru saja ditambal atau sensitif. Disarankan untuk menggunakan gigi di sisi yang lain, hingga tambalan gigi padat dengan sempurna dan tidak ada yang rusak.
  • Minum obat pereda nyeri. Saat dilakukan tambal gigi, Anda akan mendapatkan anestesi. Setelah efek anestesi menghilang, kemungkinan Anda akan mulai merasakan sakit. Jika diperlukan mintalah obat pereda nyeri pada dokter yang menangani.

Masalah yang mungkin terjadi setelah tambal gigi adalah tambalan mengalami perubahan warna, terlepa, atau gigi terasa sakit. Segera periksa kembali ke dokter gigi apabila terjadi masalah tersebut atau masalah lain pada tambalan gigi. Dengan perawatan yang tepat, Anda akan tetap merasa nyaman meski ada tambalan pada gigi Anda.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *