Yang Harus Dilakukan Ketika Merasakan Nyeri Datang Bulan

Ka Isanta – Pada saat kamu kedatangan tamu bulanan, pada kalender haid siklusmu kamu akan merasakan gejala-gejala yang dirasakan oleh hampir setiap wanita. Gejala premenstrual syndrome setiap orang juga akan berbeda-beda. Gejalanya dapat berupa pusing, mual, kembung, nyeri haid, payudara terasa sakit. Sebenarnya gejala-gejala yang muncul dapat hilang dengan sendirinya tanpa diobati.

Nyeri Datang Bulan

Penyebab Muncul Rasa Nyeri

Dinding-dinding rahim yang mengalami peluruhan saat kamu mengalami datang bulan atau haid, peluruhan tersebut memicu untuk terjadinya kontraksi. Kontraksi yang dihasilkan menekan vena atau pembuluh darah yang berada di sekeliling rahim, menyebabkan putusnya penyuplaian oksigen dan darah ke rahim. Kemudian rahim memberi respon berupa lepasnya zat kimia berupa nyeri ketika haid.

Nyeri yang dirasakan lebih terasa dari sebelumnya, adalah efek dari meningkatnya prostaglandin. Prostaglandin adalah sebuah hormon yang membuat otot pada rahim mengalami kontraksi yang terus-menerus berkontraksi yang akan menyebabkan lemas, mual, dan sakit kepala. Semakin banyak hormon ini dihasilkan rahim, maka rasa sakit berupa nyeri atau kram dapat semakin kamu rasakan.

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab kamu dapat mengalami nyeri saat datang bulan selain adanya proses luruhnya dinding rahim. Faktor penyebab lainnya di antaranya adalah berat badan yang berlebih atau obesitas, belum pernah mengandung seorang bayi, menarche atau haid pertama saat berusia sebelum 11 tahun, serta kebiasaan buruk merokok dan meminum alkohol.

Sebab lain alasan kamu dapat mengalami nyeri saat datang bulan adalah terdapat gangguan yang menyerang sistem reproduksi. Gangguan sistem reproduksi juga biasanya adanya gejala-gejala muncul lainnya yang lebih serius. Ketika kamu merasakan nyeri dan sakit yang sangat menyakitkan atau bisa dibilang tidak wajar dan gejala yang tidak normal lainnya, kamu dapat menghubungi dokter.

Cara Mengurangi Nyeri

Kamu dapat mengubah pola makanmu, hal itu dapat mengurangi nyeri saat datang bulan. Kamu perlu mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayur mayur, protein yang tidak mengandung lemak yang dapat membuat tubuhmu menjadi lebih sehat lagi. Ketika nyeri berlangsung, buatlah dirimu nyaman misalnya dengan menggunakan pembalut Laurier Healthy Skin.

Cara lain meredakan nyeri yaitu kurangi garam. Garam yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan retensi cairan dalam tubuh serta kembung saat kamu haid. Pada kondisi normal, kamu juga tidak dianjurkan untuk konsumsi garam dalam jumlah yang besar karena dapat memperparah kondisi dehidrasi. Maka hindari garam dan makan makanan sehat.

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *