Waspada Tekanan Darah Tinggi, Ini Penyebab yang Paling Umum

ka Isanta – Hipertensi atau darah tinggi jadi salah satu penyakit penyumbang angka kematian tertinggi di Indonesia. Masuk dalam urutan ke 3, darah tinggi justru jarang dikenali gejalanya. Padahal telah banyak alat tensi darah mini yang bisa dioperasikan sendiri. Tekanan darah normal berada pada angka 120/80 mmHg. Bila terindikasi nilai tekanan lebih tinggi dari angka tersebut maka bisa diindikasi bahwa jantung bekerja terlalu keras untuk mendistribusikan darah.

Kurangnya edukasi dan penyebaran informasi justru membuat alat deteksi ini tidak dikenali. Lebih parahnya lagi tidak sedikit masyarakat Indonesia yang tidak mengenal penyebab darah tinggi. Apa saja penyebab paling umum dari penyakit tekanan darah tinggi?

alat tensi darah

Penyebab Umum Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi tidak hanya bisa terjadi pada orang tua. Bahkan kini kalangan muda bahkan remaja bisa rentan terkena penyakit mematikan ini. Untuk bisa menghindarinya kenali penyebab paling umum tekanan darah tinggi berikut ini.

1. Kolesterol Tinggi

Kolesterol umumnya berfungsi sebagai unsur pemecah dalam proses sintesis zat tertentu seperti vitamin D atau zat asam. Namun bila jumlahnya tinggi maka akan cukup berbahaya bagi keseimbangan zat tubuh.

Mungkin saja pada tahap pertama efeknya tidak terlalu terasa. Tapi bila terus dibiarkan maka bisa menyebabkan pusing bahkan hingga kematian. Kolesterol tinggi disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi garam atau lemak jenuh.

2. Stress Berat Berkepanjangan

Stress juga jadi salah satu penyebab umum tekanan darah naik. Stress identik dengan keadaan yang selalu tertekan dan memaksa seseorang untuk selalu berpikir keras. Hal ini tidak jarang meningkatkan hormon adrenalin.

Namun sayangnya hormon yang naik justru membuat tekanan darah cukup tinggi. Terlebih pada kondisi berkepanjangan akan sangat melelahkan bagi jantung untuk memompa darah dengan frekuensi sering.

3. Kecemasan dan Rasa Takut

Rasa cemas dan takut secara berlebihan dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka pendek. Dikutip dari laman tirto id, Christopher CelanoDirektur Asosiasi Program Penelitian Prikiatri Jantung, mengatakan bahwa perasaan cemas dalam berbagai kondisi dapat mengaktifkan saraf simpatik yang menerima respons dari perningkatan detak jantung dan tekanan darah seseorang.

Sebaiknya hindari hal yang bisa menyebabkan rasa cemas atau rasa takut berkepanjangan. Ini juga akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak kondisi jantung tapi juga kondisi mental bisa jadi terdampak.

4. Penumpukan Plak pada Dinding Arteri

Pembuluh arteri memiliki peran mendistribusikan darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh. Darah yang kaya oksigen ini sangat berarti bagi sel di seluruh tubuh. Namun apa jadinya bila dinding pembuluh ini mengalami penyumbatan?

Hal ini bisa saja terjadi bahkan pada kalangan muda dan remaja. Penumpukan plak yang juga berasal dari lemak jenuh ini bisa menghambat aliran darah dan memaksa jantung untuk bekerja dengan intensitas lebih tinggi. Jadi ini juga yang nantinya akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Keempat penyebab tekanan darah tinggi di atas bisa dihindari semaksimal mungkin. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara sering berolah raga dan olah mental. Keseimbangan keduanya cukup penting agar bisa terhindar dari kemungkinan penyakit darah tinggi.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *