Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bisnis

Ka Isanta – Berbisnis adalah bagian dari meniti karir. Banyak pebisnis muda yang mulai menciptakan bisnisnya sendiri.  Salah satu yang mendasar dari bisnis adalah pada pelayanan. Kualitas pelayanaan memang harus diperhatikan dan ditingkatkan. Ketika pelayanan yang dilakukan baik, maka konsumen akan senang dan merekomendasikan bisnis Anda. Berikut tips meningkatkan kualitas pelayanan bisnis menurut Fortune Indonesia: Berita Bisnis Terbaru antara lain :

Fortune Indonesia: Berita Bisnis Terbaru

1. Menjadi cepat dan tanggap

Melayani sesuatu memang tidak bisa asal – asalan. Penilaianlah yang akan menjadi hasil akhir dari sebuah pelayanan. Untuk mendapatkan penilaian yang baik, maka harus dicapai dengan memberikan pelayanan yang baik. Cepat dalam merespon setiap keluhan adalah salah satu contohnya. Sedangkan tanggap juga harus dijadikan pedoman penting. Tanggaplah ketika konsumen sedang membutuhkan bantuan Anda. Niscaya bisniss yang akan dijalankan tetap lancar dan baik – baik saja.

2. Buatlah call center

Bisnis tidak hanya tentang receptionis yang menjaga di bagian depan. Namun untuk pelayanan yang maksimal alangkah lebih baik membuat call center. Dengan adanya call center akan membantu mempermudah konsumen. Konsumen bisa langsung menghubungi call center untuk mengetahui informasi.

3. Mendengarkan keluhan pelanggan

Ilmu bisnis ini sangatlah luas dan pelanggan adalah rajanya. Dalam hal pelayanan yang sempurna harus melihat sisi pelanggan. Ketika ada sesuatu yang riskan dan itu berkaitan dengan pelanggan. Maka utamakan untuk mendengarkan pelanggan. Carilah penyebab kenapa pelanggan bisa mengeluh. Hal ini penting demi memperbaiki kinerja sekaligus pelayanan Anda.

4. Bersabar adalah kunci

Setiap bisnis pasti ada lika – liku yang beraneka ragam. Akan ada berbagai hal yang mungkin tidak akan Anda inginkan. Bahkan setiap ucapan yang Anda kelontarkan akan berpengaruh besar terhadap bisnis Anda. Maka sabar bisa jadi solusi sekaliguss kunci. Memang sabar akan menguras tenaga. Akan tetapi bersabar itu bukan suatu keburukan. Hadapilah sesuatu dengan fikiran jernih dan juga lapang dada. Ini penting untuk mencermati perilaku konsumen Anda.

5. Sopan santun

Pelayanan yang baik memang terikat dengan etika. Sopan santun adalah sikap yang harus ada dan diterapkan. Pelanggan akan senang jika pelayanannya baik serta sopan. Hal ini membantu bisnis Anda dipandang baik oleh pelanggan. Buatlah pelayanan yang menjunjung tinggi etika sopan dan santun.

6. Berikan solusi yang tepat

Jika ada sebuah complain dari pelanggan maka tetaplah tenang. Hal ini pasti ada yang salah yang terjadi ditempat bisnis Anda. Setiap masalah pasti yang diinginkan adalah solusi. Pelanggan juga pasti menginginkan sebuah solusi dari masalah yang ada. Maka berikanlah solusi yang tepat disetiap complain dari pelanggan Anda.

7. Mengakui kesalahan

Sebuah bisniaa yang dijalankan pastilah ada karyawan. Namun bagaimana jika karyawan Anda melakukan kesalahan? Maka tugas Anda adalah mengajari untuk bersikap jujur. Setiap kesalahan yang ada lebih baik dihadapi dengan berani. Jujur bukanlah keburukan melainkan sebuah kebaikan. Dengan mengajarkan kejujuran pada karyawan anda maka akan membuat bisnis Anda menjadi bisnis yang positif.

8. Menepati janji ketika bertemu atau ada acara

Menepati janji ketika ada acara itu penting. Bahkan ketika usaha Anda kedatangan client dan ingin melakukan sesi pertemuan. Maka tepatilah janji jika itu bisa. Namun jika Anda ada acara lain maka buatlah janji yang bisa disepakati bersama client Anda.

Berbisnis memang memiliki banyak tantangan. Ada banyak yang harus disiapkan ketika Anda ingin menciptakan sebuah bisnis. Pelayanan yang baik akan membuat bisnis yang Anda buat dipandang baik oleh banyak orang.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.