Tips Menghindari Lapar Mata Saat Diskon Ramadhan Bertebaran

Ka Isanta – Diskon Ramadhan memang momen yang paling dinanti kebanyakan orang. Berbagai pilihan item yang dibandrol dengan harga lebih murah membuat para emotional spender lapar mata. Ya, keinginan belanja tanpa pikir panjang terkadang bisa menyusahkan diri sendiri kalau tidak terkelola dengan baik. Ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips mengindari lapar mata saat tulisan diskon bertebaran di mana-mana berikut ini.

1. Membuat daftar kebutuhan selama Ramadhan hingga lebaran

Menghadapi masa Ramadhan, pengeluaran biasanya bakal meningkat drastis mulai kebutuhan pokok, menu berbuka dan sahur, pakaian muslim dan lain-lain. Ada baiknya Anda membuat daftar kebutuhan selama bulan puasa hingga lebaran tiba. Atur keuangan selama masa Ramadhan dengan membuat daftar prioritas termasuk belanja barang kebutuhan yang mendapatkan label diskon. Jika bisa berhemat dengan memanfaatkan momen diskon, Anda meminimalisir pengeluaran yang membengkak untuk pos yang lain.

2. Menghindari iklan yang berlebihan

Keinginan belanja kerap datang kala mata melihat tulisan diskon besar baik di pinggir jalan atau melalui situs online. Sebaiknya Anda benar-benar mengecek harga yang ada pada label tersebut. Ada baiknya jika melihat harga normal sebelum bulan Ramadhan agar Anda bisa memutuskan bahwa barang tersebut benar-benar murah.

Mengunjungi banyak situs belanja bisa juga mempengaruhi opini untuk membeli barang tersebut. Pasalnya, setiap orang kerap memiliki insting takut kehilangan atau memanfaatkan kata mumpung. Anda wajib selektif memilih barang yang benar-benar memiliki diskon harga normal. Pilih situs belanja resmi yang memang memiliki kredibilitas soal barang dan harga yang ditawarkan.

3. Beri jeda sejenak setelah melihat pilihan item belanja

Demi menghindari lapar mata yang sering terjadi saat melihat promo atau diskon, sebaiknya Anda memberi waktu sejenak untuk diri sendiri. Tujuannya adalah menentukan barang yang menjadi kebutuhan atau tidak. Hal yang biasa terjadi adalah orang membeli barang yang sebenarnya tidak ia butuhkan hanya karena tergoda diskon. Anda bisa memberi jeda waktu sehari agar bisa memutuskan benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak.

4. Jangan berbelanja menggunakan kartu kredit

Belanja menggunakan kartu kredit bisa saja berdampak buruk pada finansial Anda kalau melakukannya saat lapar mata. Tak ada salahnya menggunakan kartu kredit asal Anda telah membuat daftar barang kebutuhan yang hendak dibeli sebelumnya. Jika Anda menuruti keinginan belanja saat lapar mata saja, bisa jadi tagihan kartu kredit setelah musim lebaran akan membuat Anda galau.

Diskon pada bulan puasa bisa memberi berkah kalau Anda cermat memilih barang kebutuhan. Kala semua kebutuhan pokok meningkat selama masa Ramadhan hingga lebaran tiba, Anda bisa tetap mengontrol keuangan dengan menghindari lapar mata. Ada baiknya jika membuat daftar barang kebutuhan Anda selama Promo Carnaval Ramadhan Sale mulai kebutuhan pokok harian, item fesyen, parcel lebaran dan lain-lain di iLOTTE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *