Tips Liburan Asyik ke Lokasi Wisata Laut Pulau Bangkaru Aceh

Ka Isanta – Pernah dengar nama Aceh Singkil? Salah satu kabupaten di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) ini menawarkan banyak lokasi wisata yang tidak kalah dari Aceh Besar. Ada lokasi wisata reliji, air terjun, wisata laut, dan lainnya. Jika ingin ke Pulau Bangkaru, jangan lewatkan wisata lautnya yang mengasyikkan. Tentunya sambil menerpakan tips-tips berikut.

Foto : travel.kompas.com

Siapkan Permen Kopi

Bagi Anda yang memiliki pengalaman kurang menyenangkan dengan perjalanan laut karena mudah mabuk laut, selalu siapkan permen kopi atau permen karet di dalam saku atau tas. Bisa juga camilan lain yang bisa mengalihkan Anda dari perasaan mual dan ingin muntah.

Dengan persiapan ini, termasuk travel insurance Indonesia, tidak ada kendala berarti saat Anda ingin memulai liburan dan traveling ke seberang pulau. Karena, baik dari Aceh Besar, ibukota kabupaten, maupun pulau lainnya, untuk bisa mengakses Pulau Bangkaru ini, Anda tetap harus melakukan penyeberangan menggunakan kapal feri atau speedboat.

Jadi, tidak ada pilihan lain selain melewati jalur laut. Selain itu, bawa juga camilan kering seperti keripik karena makanan di sini mungkin berbeda dengan di tempat asal Anda. Anda juga bisa membawa lauk yang awet seperti rendang dan abon.

Bawa Teropong dan Kamera

Tips pertama yang bisa bikin liburan anda makin asyik adalah membawa kamera dan teropong. Pulau Bangkaru memang populer karena dikenal sebagai lokasi penangkaran penyu hijau. Jadi, hampir setiap harinya, Anda bisa menyaksikan sedikitnya 4 ekor penyu yang sedang bertelur di pasir pantai.

Nah, agar tidak menggaggu aktivitas penyu ini, sebaiknya jauh-jauh dari pasir tempatnya meletakkan tekur-telurnya. Abadikan momen istimewa ini dalam bentuk foto maupun vide menggunakan kamera DSLR atau ponsel yang Anda bawa tersebut.

Bisa Berenang dan Menyelam

Sesuai tujuan wisatanya, sebaiknya Anda memiliki keahlian berenang jika ingin berlibur ke Pulau Bangkaru. Aktivitas berenang, snorkeling, maupun diving (menyelam) dan menyaksikan aktivitas bawah laut tentu tidak akan sulit jika Anda memiliki keahlian yang satu ini. Bahkan, ombaknya lumayan bagus untuk Anda berselancar di atasnya.

Untuk mengabadikan aktivitas di air ini, jangan lupa untuk menggunakan kamera tahan air dan resolusi yang tinggi agar kualitas gamarnya bagus. Ketakutan membawa barang berharga seperti kamera dan smartphone bisa berkurang jika Anda mengikuti travel insurance Indonesia. Gunakan sunblock untuk menangkal sinar ultraviolet dan mencegah kanker kulit.

Menggunakan Pakaian Musim Panas

Meski di Indonesia tidak ada musim panas, jika Anda tidak memiliki niatan untuk berenang atau berbasah-basahan, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman Berhubung pulau ini sangat cocok dikunjungi pada musim kemarau, sebaiknya Anda menyiapkan pakaian musim panas yang tipis tapi tidak transparan dan mudah menyerap keringat.

Meski hanya mengisi liburan akhir pekan, sebaiknya siapkan 2-3 pasang pakaian musim panas untuk berjaga-jaga jika Anda menginap dan perlu mengganti pakaian. Apalagi jenis pakaian ini memang cocok untuk dibawa bepergian karena bebannya yang tidak terlalu berat.

Tapi, jangan dalam bentuk bikini atau pakaian renang mencolok lainnya. Karena, pulau ini masih dalam wilayah Nusantara yang menjunjung tinggi agama dan nilai ketimuran. Terutama Aceh yang juga dikenal dengan nama Serambi Mekkah, sudah terkenal taat dalam menerapkan hukum agama.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan situasi pantai saat ingin berenang. Karena, berbeda dengan Derawan, ubur-ubur di sekitar Pulau Bangkaru, terutama Pualu Banyak, ubur-uburnya bisa bikin gatal-gatal. Liburan ke Pulau Bangkaru akan lebih asyik dan menyenangkan jika Anda mengikutsertakan diri pada travel insurance Indonesia.

Jadi, selain liburan tidak terlupakan, Anda juga bisa tenang selama berada jauh dari kampung halaman. Liburan ini membuktikan bahwa meninggalkan zona nyaman dengan mengunjungi tempat wisata di seberang pulau bukan hal yang perlu ditakutkan.

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.