Tips Efektif Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Ka Isanta – Sebagai orang tua, kita selalu ingin anak kita sehat secara fisik dan mental. Kami tidak ingin melakukan kesalahan kecil yang dapat menghambat pertumbuhan anak kami . Selain itu, tumbuh kembang anak balita merupakan awal yang baik akan membantu anak kalian untuk mewujudkan impiannya. Kita dapat memahami bahwa mengasuh anak tidak mudah terutama ketika kalian mengambil tanggung jawab ini untuk pertama kalinya. Jadi, di sini kami akan membagikan beberapa kiat dasar dan efektif untuk pertumbuhan sehat anak kalian.

tumbuh kembang anak balita

1. Diet Seimbang

Hormon pertumbuhan manusia HGH, yang disekresikan oleh kelenjar hipofisis, mengendalikan pertumbuhan anak. Seseorang harus makan makanan yang memicu kelenjar ini untuk melepaskan HGH. Beri makan anak kalian dengan makanan yang kaya kalsium, vitamin, mineral, dan terutama protein. Produk makanan teratas yang merangsang hormon pertumbuhan dalam tubuh anak termasuk biji-bijian seperti beras merah, tepung gandum, pasta gandum, roti multi-gandum, dll. Buah-buahan dan sayuran segar, telur, oatmeal, kedelai, bayam dan produk ikan. Juga, cobalah untuk menambahkan produk makanan yang kaya akan zat besi ke dalam makanan. Produk-produk ini termasuk bibit gandum, kacang tanah, labu, biji labu, dan kepiting. Perhatian khusus harus diberikan pada makanan sampai anak Kalian mencapai usia remaja.

2. Lingkungan yang positif

Banyak perubahan terjadi di tubuh bayi dalam beberapa tahun pertama. Selama periode ini, orang tua dan anggota keluarga harus memastikan bahwa lingkungan di sekitar bayi mereka bahagia, penuh stimulasi, nyaman dan positif. Berinteraksi banyak dengan anak Kalian. Semakin banyak Kalian berinteraksi, semakin baik keterampilan komunikasi anak kalian di masa depan. Interaksi aktif mendorong pertumbuhan pikiran anak. Latihan ini harus dilanjutkan, karena lingkungan yang positif dan sehat sangat diperlukan untuk perkembangan anak kalian.

3. Aktivitas fisik

Sejak usia 2 tahun, kalian harus mulai melibatkan anak kalian dalam berbagai kegiatan fisik. Untuk anak dalam kelompok usia 2-5 tahun, kelas dansa menari atau olahraga adalah beberapa kegiatan terbaik. Selama 6-12 tahun, bersepeda, lari, bermain olahraga diperlukan untuk pertumbuhannya. Ini akan membantunya tumbuh secara fisik. Pastikan anak kalian terlibat dalam beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sekolahnya. Jika anak belajar bagaimana menjaga keseimbangan yang tepat antara studi dan kegiatan lain pada tahap ini. kemudian Ketika anak memasuki usia remaja, ia dapat bermain olahraga seperti bola basket, bulu tangkis, tenis, sepak bola, dll. Yoga juga memainkan peran besar dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak. Salam matahari, pose pohon, dll. Adalah beberapa postur yoga terbaik. Yoga harus dipraktikkan oleh anak kalian ketika ia sudah lebih besar.

4. Suplemen HGH

Ini adalah suplemen yang dapat membantu kalian meningkatkan tinggi dan berat badan anak kalian. Banyak suplemen HGH tersedia di pasaran yang bisa kaian pilih Apakah itu efektif atau tidak? Apakah itu akan berdampak buruk pada kesehatan anak Kalian? Gunakan suplemen ini hanya jika dokter menyarankan Kalian, dan tidak ada yang berhasil untu meningkatkan pertumbuhan anak Kalian. Hindari menggunakannya di tahap awal pengembangan. Jangan terlalu sering menggunakannya.

5. Latihan intensitas tinggi

Anak-anak di bawah 16 tahun tidak disarankan untuk mengangkat beban. Itu bisa, pada kenyataannya, hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan anak Kalian. Ini adalah usia ketika hanya latihan intensitas tinggi atau olahraga yang disarankan. Olahraga seperti bola basket, tenis, dan bulu tangkis adalah yang terbaik untuk anak Kalian karena mereka melibatkan lompatan, yang menambah tinggi badan.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *