Ternyata Mudah, Begini Cara Mengurus STNK Hilang

Ka Isanta – Banyak yang berpendapat kalo cara mengurus STNK hilang itu ribet dan makan waktu yang lama, padahal anggapan itu ternyata tidak benar. Mengurus STNK hilang mudah kok, asalkan tahu cara dan sudah menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan.

Memang yang namanya musibah itu bisa datang secara tiba-tiba, apalagi kalo musibahnya kehilangan surat penting macam STNK pasti membuat panic dan pusing tujuh keliling, pasalnya surat ini penting sebagai bukti kepemilikan kendaraan.

Cara Mengurus STNK Hilang

Banyak juga masyarakat yang lebih memilih menggunakan jasa calo untuk mengurusnya, padahal jika mengurus sendiri biayanya akan jauh lebih murah lhoo, namun yaaa harus sedia waktu juga buat persiapan berkas dan menyambangi beberapa tempat.

Nah bagi kamu yang sedang diterpa musibah kehilangan STNK, berikut ini akan kami berikan tata cara mengurus STNK yang hilang secara mandiri, yaaa mandiri tanpa bantuan calo.

Langkah pertama yang harus dilakukan saat yakin betul STNK kamu hilang yaa jangan panic, terus kamu sambangin rumah ketua RT danĀ  minta surat pengantar kehilangan barang. Setelah itu langsung berangkat ke polres atau polsek yang terdekat dengan kejadian kehilangan, atau bisa juga mendatangi polsek terdekat dari rumah kamu.

Disana akan diberikan surat keterangan kehilangan, surat ini adalah kunci utama untuk bisa mengurus penggantian SNTK yang hilang. Namun ingat yaa, biasanya surat ini hanya berlaku sekira dua minggu terhitung dari surat keterangan kehilangan ini diterbitkan.

Jadi setelah menda[atkan surat keterangan kehilangan, segeralah urus penggantian STNK yang hilang, tempatnya adalah di kantor samsat dimana alamat motor kamu. Eiittssss tapi tunggu dulu sebelum berangkat ke kantor samsat, lengkapi dulu beberapa dokumen yang sebagai persyratan penertiban STNK pengganti.

Dokumen yang harus disiapkan adalah:

  • KTP pemilik kendaraan
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Surat keterangan STNK hilang dari Polsek atau Polres setempat
  • Fotokopi STNK yang hilang (Kalo ada yaaa)

Setelah semua berkas persyaratan yang diperlukan siap, terus langsung aja ke kantor samsat, pakai kendaraan yang STNKnya hilang itu yaaa.

Di kantor samsat ada beberapa langkah lagi yang harus dilakukan, biar lebih mudah, simak beberapa langkah pengurusannya dibawh ini yaa:

  • Cek Fisik Kendaraan

Langkah pertama yang harus dilakukan saat disamsat adalah melakukan cek fisik kendaraan, itu juga kenapa kendaraan yang STNKnya hilang harus dibawa. Cek fisik kendaraan ini untuk memastikan no rangka dan mesin kendaraan sama. Sekalian digesek juga, gak butuh waktu lama kok untuk proses satu ini.

  • Mengisi formulir pendaftaran

Pastikan kamu mengisi formulir dengan lengkap dan benar, untuk kemudian diserahkan ke Loket STNK hilang. Jangan lupa sertakan berkas kelengkapan administrasi yang sudah kamu siapkan.

  • Mengurus cek blokir (surat keterangan hilang dari SAMSAT)

Yang dimaksud dengan mengurus cek blokir adalah mengurus surat keterangan STNK hilang dari SAMSAT, yang berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak dalam kondisi diblokir atau dalam pencarian. Untuk ini, kamu harus melampirkan hasil cek fisik kendaraan.

  • Mengurus pembuatan STNK baru di Loket BBN II

Untuk mengurus pembuatan STNK baru sebagai pengganti STNK lama yang hilang, kamu harus menyerahkan semua berkas kelengkapan dan surat keterangan hilang dari SAMSAT di Loket BBN (Bea Balik Nama) II. Dan langkah terakhir adalah

Membayar biaya pembuatan STNK baru

Biaya untuk penerbitan STNK yang tertera dalam Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak Polri berdasarkan PP No. 50 tahun 2010.

  1. Untuk roda 2,3 atau angkutan umum dikenakan biaya Rp. 50.000,-
  2. Untuk roda 4 atau lebih dikenakan biaya Rp. 75.000,- dan
  3. Untuk pengesahan STNK tidak dikenakan biaya atau Rp. 0,-

Nah setelah semua tahapan dilalui, tinggal serahkan saja semua berkas dan bukti pembayaran ke loket kasir, dan tunggu dipanggil untuk mengambil STNK baru. Cukup mudahkan caranya.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *