Teknologi Tinggi Membuat PaperOneTM Buatan RAPP Riau Berkualitas

Ka Isanta – PaperOneTM adalah produk unggulan PT RAPP dan terbesar di Asia Pasifik. PaperOneTM sendiri merupakan sebuah perusahaan pulp dan kertas asli miliki Indonesia dan keberadaannya mudah ditemui di seluruh penjuru dunia. Sampai saat ini, PaperOneTM sudah dijual di lebih dari 70 negara. Kesuksesan itu dapat diraih berkat kualitas tinggi yang ada dalam kertasnya. Produk buatan PT RAPP ini dikenal bersih dengan warna putih yang cerah. Selain itu, kertasnya tebal sehingga sangat cocok digunakan untuk mencetak. Hasil cetakan akan terlihat jelas dan tinta tidak akan luntur ketika dicetak di atas permukaan PaperOneTM. Produk ini, juga fleksibel dipakai untuk keperluan apa pun, bisa untuk menulis maupun melakukan proses fotokopi, kertas ini tetap dirasa memuaskan.

Kemampuan itu didapat berkat penerapan teknologi tinggi dalam proses pembuatan PaperOneTM. PT RAPP menggunakan ProDigi HD Print Technology ketika memproduksi PaperOneTM. Hasil inovasi RAPP berdasar pengalaman panjang dalam membuat pulp dan kertas ini menjadi jaminan kualitas PaperOneTM. Saat ini sudah banyak yang menikmati kualitas PaperOneTM. Namun, belum tentu semua tahu bagaimana proses pembuatannya. Padahal jika mengetahui prosesnya akan semakin menyadarkan betapa berkualitasnya merek kertas premium hasil produksi PT RAPP ini.

Foto : tribunnews.com

Ada tiga jenis produk PaperOneTM yang dipasarkan, yaitu: PaperOneTM Copier, PaperOneTM All Purpose, dan PaperOneTM Digital. Dengan ukuran kertas A4, A3, F4, Q4, dan B5 dan dengan gramasi 80 gsm (all purpose paper) dan 70 gsm (copier paper). Secara umum, pembuatan PaperOneTM dibagi menjadi tiga tahapan utama. Pertama adalah fase pulping yang kemudian dilanjutkan dengan tahapan paper making dan diakhiri dengan finishing.

Berikut ini adalah perincian ketiga proses tersebut.

  1. Pulpingmerupakan tahapan pertama dalam pembuatan PaperOneTM. Di fase ini PT RAPP memproses bahan mentah untuk dipersiapkan menuju fase berikunya untuk membuat kertas. Bahan dasar pulp dan kertas adalah kayu. Untuk mendapatkannya, RAPP menggunakan kayu dari pohon akasia dan eukaliptus. Mereka memperolehnya setelah melakukan menanam, merawat, dan memanennya di perkebunan sendiri. Dalam fase pulping, kayu mulai diproses untuk menjadi bubur kertas. Tahapannya dimulai dari pemotongan, pengolahan, hingga akhirnya pembersihan.
  2. Inilah fase besar kedua yang dilakukan oleh RAPP Riau dalam memproduksi PaperOneTM. Dalam tahap paper making, sebagian pulp yang dihasilkan mulai memasuki proses berikutnya untuk menjadi kertas. Ada empat tahapan dalam proses paper making.Semua perlu dilakukan sebelum memasuki proses finishing sebagai tahap akhir pembuatan PaperOneTM.
  3. Inilah fase terakhir dalam pembuatan PaperOneTM. RAPP Riau masih mengolah kertas yang sudah jadi dengan memotong serta mengemasnya sedemikian rupa sesuai jenis produk. Kertas yang sudah dipotong sesuai ukuran yang dikehendaki kemudian dikemas. Kertas dimasukkan ke dalam kemasan yang sesuai dengan jenisnya masing-masing. Sesudah ini kertas akhirnya bisa didistribusikan kepada konsumen. Akhirnya konsumen bisa memanfaatkan PaperOneTM untuk segala keperluan yang dikehendaki.

Dan begitulah proses teknologi tinggi membuat PaperOneTM buatan RAPP Riau berkualitas.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *