Tahapan Pengujian Genset yang Harus Dipahami

Ka Isanta – Genset harus dilakukan serangkaian tahapan pengujian secara berkala untuk memastikan bahwa genset masih bisa berfungsi secara optimal. Generator listrik sendiri adalah alat yang harus dimiliki oleh setiap industri ataupun institusi besar seperti rumah sakit, hotel, apartemen, hingga perusahaan manufaktur untuk membackup kebutuhan listrik. Serangkaian tes yang harus dilakukan pada genset bisa Anda lihat di link berikut http://sewatama.com/testing-dan-commissioning-genset/.

Serangkaian Tes Commissioning Genset

Ada beberapa tahapan inspeksi dan pengecekan performa genset yang harus dilakukan oleh teknisi secara berkala. Berikut adalah tahapan yang harus dilalui:

Serangkaian Tes Commissioning Genset

1. Inspeksi Konstruksi

Tahapan inspeksi pertama yang harus dilakukan untuk mengetahui performa genset adalah inspeksi konstruksi pada genset. Inspeksi konstruksi dilakukan untuk mengetahui apakah struktur pada genset masih sesuai dengan rancangan awal atau telah berubah. Inspeksi konstruksi terdiri dari inspeksi panel kontrol, inspeksi tangki bahan bakar, dan inspeksi generator darurat.

Inspeksi tangki bahan bakar harus menguji hidroliknya serta inspeksi visual pada permukaan tangki. Selanjutnya inspeksi panel kontrol dilihat dari pengujian kenaikan suhu, hambatan listrik serta kinerja panel kontrol.

2. Pengujian Kinerja Fungsional

Kinerja fungsional genset harus dicek secara berkala untuk mengetahui apakah kinerja genset masih baik sesuai dengan spesifikasinya. Inspeksi kinerja fungsional genset dilakukan dengan cara menguji bagaimana respon genset terhada penerimaan beban. Pengujian inspeksi generator listrik juga dilakukan dengan menguji beban tiruan menggunakan bank load.

Pengujian beban tiruan dilakukan sebelum generator menerima beban yang sebenarnya. Misalnya untuk penggunaan generator dalam memasok daya crane maka sebelumnya generator dihubungkan ke bank load terlebih dahulu.

3. Pengujian yang Wajib

Setelah prosedur commissioning awal telah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menjalani tahapan commissioning wajib genset seperti tes insulasi serta pengujian fungsi kontrol genset. Selanjutnya juga diuji tingkat kebisingan genset saat bekerja.

Dibanding membeli sendiri generator listrik untuk industri utility, kini lebih banyak perusahaan yang memilih menyewa genset dari perusahaan jasa penyewaan genset seperti PT Sewatama. Sewatama menyediakan jasa sewa genset dengan harga kompetitif dan kualitas genset terjamin. Anda tidak perlu khawatir terkait biaya pemeliharaan genset karena seluruh biaya akan ditanggung oleh Sewatama.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *