Sosok Islam Makhachev, Penerus Khabib Nurmagomedov

Ka Isanta – Berita olahraga terkini, dengan pensiunnya Khabib, dapat dipastikan dunia UFC tidak akan sama seperti saat ia masih bertanding. Khabib pensiun dengan maksud untuk menepati janji ibunya, untuk menjaganya dan tidak mau bertarung tanpa ayah di sisinya yang telah meninggal dunia.

Duelnya melawan Justin Gaethje adalah pertandingan terakhirnya di UFC, meskipun kita semua tahu bahwa Khabib merupakan salah satu petarung terbaik yang dimiliki negaranya dan yang ada di dunia MMA.

Menjadi Pelatih untuk Saudaranya

Islam Makhachev

Setelah pensiun, Khabib tidak serta merta hilang dari dunia petarung UFC. Sekarang Ia menjadi pelatih bagi saudara sekaligus rivalnya, Islam Makhachev. Islam bisa lebih leluasa tanpa harus bertarung melawan Khabib dan akan berusaha menduduki peringkat pertama sebagai petarung UFC, sama seperti Khabib. Perlu diketahui bahwa Islam berada di kelas lightweight sama seperti Khabib dulu.

Khabib sangat yakin bahwa saudaranya ini dapat menjadi salah satu yang terbaik di dunia UFC. Bisa jadi, Khabib mempunyai alasan lain untuk pensiun yaitu mewariskan tahtanya sebagai raja UFC kepada teman baiknya ini.

Biografi Islam Makhacev dan perbedaan Umur dengan Khabib

Islam Makhachev

Islam Makhachev lahir pada 27 September 1991 di Dagestan, Russia. Memiliki berat 70kg dan tinggi 178cm. Makhachev bertarung di kelas lightweight.

 

Ia pertama kali terjun ke dunia MMA pada tahun 2010 lewat ajang TFC 4 dan menorehkan prestasi yang cemerlang di liga tersebut. Kemudian pada 2013 ia memperoleh hasil yang serupa di ajang MMA M1. Berkat prestasi dan gaya bertarungnya yang ganas, ia berhasil direkrut oleh UFC pada 2015. Islam melakukan debut gila pada musim pertamanya di UFC, dengan rekor 11-0.

Usia Islam dengan Khabib tidak terpaut terlalu jauh, hanya berbeda 3 tahun. Islam dan Khabib sudah berteman lama sehingga Khabib menganggap Islam sebagai saudaranya. Makhacev berlatih di salah satu tempat latihan MMA terbaik di dunia yaitu American Kickboxing Academy (AKA) dan yang melatih Islam adalah Abdulmanap Nurmagomedov alias ayah dari Khabib.

Kekuatan dan gaya bertarung yang sama

Islam Makhachev

Gaya bertarung Islam sangat mirip dengan Khabib. Bahkan bisa dibilang Islam merupakan duplikat dari sang saudara. Ia mendominasi lawan lewat kuncian bawah dan ground fighting dengan melakukan take down, grappling dan submission. Ini berkat Islam yang satu perguruan dengan Khabib dan juga Khabib yang melatih Islam saat ia sudah pensiun dari dunia MMA.

Petarung yang satu ini mendalami bela diri Sambo yang memang dominan bantingan dan kuncian. Meskipun begitu, Islam tak takut untuk meladeni pukulan lawan dalam posisi standing fighting. Di usianya yang masih muda, Islam masih perlu banyak menajamkan teknik ground fightingnya, karena skill Makhachev belum sematang Khabib yang membuat lawannya tumbang saat posisi ground fighting.

Prestasi Islam di UFC

Sampai musim UFC Vegas 31 (18/7/21) Makhachev menunjukan pencapaian yang luar biasa, mengingat usianya yang masih muda. Sebagai penerus Khabib, ia mencapai sembilan kemenangan beruntun setelah mengalahkan Thiago Moises. Makhachev saat ini menduduki peringkat 5 dan berhasil melewati nama petarung asal Irlandia, Conor McGregor.

Pencapaian Makhachev di UFC tidak luput dari motivasinya untuk menjadi yang terbaik di ajang pertandingan tersebut. Keberadaan Khabib dan ayahnya juga sangat berpengaruh pada karir Makhachev di UFC.

Referensi : https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20210719034953-178-669281/islam-makhachev-alasan-lain-khabib-pensiun-dengan-tenang/2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *