Segudang Manfaat Lari Pagi Untuk Tubuh

Ka Isanta – Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling terbaik dibandingkan makhluk lainnya. Namun, rasanya seperti tidak pantas jika manusia tidak melakukan olahraga kecil-kecilan misalnya hanya sekadar lari pagi. Sebelum beraktivitas selama seharian, ada baiknya Anda melakukan jogging pagi agar tubuh lebih rileks. Namun, kebanyakan yang agak sulit adalah kesulitan saat bangun tidur apalagi bersiap-siap menjalani olahraga jogging. Namun apa saja hal yang dapat Anda ketahui dari berbagai manfaat lari pagi, dibawah ini adalah beberapanya.

manfaat lari pagi

Lari Pagi Membantu Jantung Menjadi Sehat

Dengan melatih semakin cepat berlari, jantung Anda akan beradaptasi untuk berdetak cepat akibat kebutuhan oksigen yang semakin banyak. Kegiatan ini apabila rutin dilakukan Anda, tubuh akan makin kuat, sehat dan bugar. Selain itu bagi Anda yang memiliki kolesterol dalam tubuh, dengan lari pagi trigliserida dalam darah akan sedikit demi sedikit dibakar. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari serangan jantung, stroke, atau gangguan sistem peredaran darah lainnya.

Sistem Pernapasan Semakin Sehat

Dengan lari pagi, kapasitas vital paru-paru akan meningkat sehingga otot pernapasan semakin kuat. Pernapasan pun juga akan semakin kuat yakni tidak mudah ngos-ngosan ketika beraktivitas berat. Di samping itu, penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis akan diringankan.

Meningkatkan Energi Tubuh

Sebagaimana fungsi olahraga adalah meningkatkan stamina dan energi dalam tubuh. Dengan kerja paru-paru yang maksimal, energi juga akan maksimal. Maka sangat tepat melakukan jogging sebelum beraktivitas.

Tulang Dan Imunitas Semakin Kuat

Olahraga dapat bermanfaat untuk tulang. Dengan berlari, tulang akan mengalami penekanan sehingga tulang terpaksa harus menahan beban sehingga makin kuat dan padat. Selain itu, peningkatan kekebalan tubuh juga bisa bertambah dengan jogging secara rutin. Maka di tengah keadaan pandemi, jogging dapat membuat tubuh Anda tidak mudah terserang virus corona. Minimal jogging dapat Anda lakukan 30 menit dalam sehari.

Mencegah Dari Stres

Manfaat jogging yang paling penting adalah mencegah dari timbulnya stres. Pada saat Anda berlari, secara otomatis dalam tubuh akan disekresikan hormon endorfin yang bisa menciptakan kondisi bahagia. Bahkan dengan jogging, tarikan napas akan dipaksa menghirup udara dalam-dalam. Kegiatan ini dalam dunia Psikologi dapat menciptakan ketenangan sehingga stres dapat hilang.

Olahraga memang memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Maka Anda bisa memulai dengan bangun lebih pagi agar jogging bisa dilaksanakan sebelum beraktivitas. Jangan biarkan diri Anda menarik kembali selimut dan menyusun mimpi indah di kasur, tapi bangunlah untuk bergerak walau hanya jogging ditempat. Keringat yang banyak bukanlah masalah serius, Anda bisa menggunakan deodoran Rexona supaya keringat tidak bau. Bagi Anda wanita dapat menggunakan Rexona Free Spirit, sedangkan jika Anda pria bisa menggunakan Rexona Men Ice Cool. Dengan Rexona, bau badan akan dikurangi bahkan selama 48 jam kulit ketiak Anda akan kering. Jadi keringat basah sudah bukan masalah lagi.

Demikian beberapa manfaat lari pagi yang tidak bisa disepelekan. Pagi hari bukanlah waktu untuk enak-enakan tidur nyenyak. Ibarat pagi adalah gerbang awal sebelum memasuki hari, jadi jangan sampai diawali dengan tidur karena di siang hari bisa saja Anda mengalami kantuk sepanjang hari. Bahkan sampai ada ungkapan bahwa tidur di pagi hari bisa membuat umur pendek. Maka dengan olahraga pagi, usia dapat diperpanjang dengan sehat dan bugar. Masa depan ditentukan dari sekarang sebagaimana masa tua juga akan sehat kalau ketika muda rajin berolahraga terutama lari pagi.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *