Ragam Jenis Batako Untuk Desain Rumah Minimalis yang Low Budget

Ka Isanta – Setelah selesai membuat desain rumah minimalis yang Anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah memulai proses pembangunan. Namun, saat proses pembangunan akan berjalan, biasanya seseorang dibayangi dengan masalah yang teramat pelik. Ya, masalah tersebut adalah budget! Tidak dimungkiri memang bahwa biaya membangun hunian saat ini sangat tinggi.

Oleh karena itu, saat hendak membangun hunian yang tepat, maka pengiritan terkadang harus dilakukan. Ya, dengan melakukan pengiritan, maka biaya pembangunan bisa ditekan atau paling tidak bisa dikurangi.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk penghematan biaya pembangunan ini? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memilih batako daripada menggunakan batu bata. Ya, dalam perhitungan, batako memang cenderung lebih murah dibandingkan pemakaian bata. Tentu, ide ini bisa diaplikasikan untuk desain rumah mungil dengan low budget.

desain rumah minimalis

Mengenal Jenis Batako Untuk Konstruksi

Batako memang bisa menjadi salah satu pilihan bahan konstruksi yang tepat untuk desain rumah yang minimalis yang low budget. Namun, sebelum menentukan pilihan, maka ada beberapa jenis batako yang perlu Anda ketahui. Adapun beberapa jenis batako tersebut adalah sebagai berikut:

1. Batako putih

Salah satu jenis batako yang cukup sering digunakan untuk konstruksi rumah minimalis adalah batako putih. Nah, jenis batako ini dibuat dengan campuran beberapa bahan, seperti trass, air dan batu kapur. Karena campuran bahan ini, maka seringkali batako ini disebut sebagai batu cetak kapur trass.

Di pasaran, batako ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Jika disimak, maka batako putih memiliki ukuran panjang sekitar 20 hingga 30 cm, tebal 8 hingga 10 cm dan tinggi sekitar 14 hingga 18 cm. Nah, Anda bisa menentukan mana batako putih yang sesuai dengan budget.

2. Batako semen

Seperti namanya, batako ini dibuat dengan bahan dasar semen yang kemudian dicampur dengan pasir serta air. Dilihat dari ukurannya, maka batako semen memiliki ukuran yang cenderung lebih bervariasi daripada jenis batako tan pertama tadi.

Nah, batako semen ini cukup sering disebut dengan nama batako press karena memang pembuatan batako ini dibuat dengan cara press. Selain itu, umumnya, batako ini memiliki dua hingga tiga lubang di bagian sisi yang difungsikan sebagai pengikat dan diisi dengan adonan.

Jenis batako ini cenderung lebih sering digunakan untuk membuat konstruksi rumah low budget dibandingkan dengan jenis batako yang pertama. Ya, hal ini dikarenakan harga batako press cenderung lebih murah sehingga pembuatan rumah minimalis sering menggunakannya.

Kekurangan Batako yang Perlu Diketahui

Batako memang bisa menjadi salah satu solusi untuk proses pembangunan rumah mungil yang low budget dengan biaya yang bisa dikatakan lebih murah. Namun, untuk pertimbangan, Anda perlu mengetahui kelemahan atau kekurangan dari bahan bangunan ini.

Adapun beberapa kekurangan dari batako untuk diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Mudah retak – batako termasuk salah satu bahan bangunan yang mudah retak. Ini adalah fakta yang harus diketahui. Oleh karena itu, baik pemasangan dan perawatan batako harus dilakukan dengan sangat baik agar lebih awet.
  2. Menyerap panas – perlu diketahui bahwa batako adalah bahan bangunan yang bisa menyerap panas. Ini adalah hal penting untuk dipertimbangkan. Karena sifatnya inilah terkadang bangunan yang dibuat dengan batako cenderung lebih panas.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang batako yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk membangun desain rumah minimalis yang sudah dibuat. Dengan pertimbangan tadi, maka Anda bisa memilih mana bahan bangunan yang cocok dan sesuai dengan anggaran. Semoga membantu.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *