Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Keluarga

Ka Isanta – Mobil keluarga merupakan salah satu pilihan kendaraan terbaik yang paling sering dipilih. Salah satu alasannya karena jenis mobil yang satu ini mampu memuat penumpang dengan jumlah yang lebih banyak. Ternyata memilih jenis mobil yang satu ini juga tak boleh sebarangan. Ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika memilihnya. Apa saja sih? Berikut penjelasannya.

mobil keluarga

Memperhitungkan Kapasitas Penumpang

Kapasitas penumpang merupakan salah satu poin penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih mobil untuk keluarga. Pastikan mobil yang Anda pilih mampu menampung semua anggota keluarga. Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah tempat duduk tambahan untuk pengasuh atau pembantu ketika Anda harus membawa mereka bepergian.

Tentukan Kapasitas Mesin Kendaraan

Poin selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan kapasitas mesin kendaraan yang akan dipilih. Pada umumnya kapasitas mesin dinyatakan dalam besarnya volume silinder piston misalnya 1000 cc, 1100 cc, 1200 c, dan lain sebagainya. Semakin besar kapasitas mesin yang dipilih maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut.

Perhatikan Sistem Transmisi yang Disediakan

Secara garis besar ada 2 jenis sistem transmisi yang diterapkan pada kendaraan yakni sistem transmisi manual dan sistem transmisi otomatis. Perbedaan ini akan memudahkan Anda untuk memilih jenis mobil matic dengan harga yang lebih mahal namun cenderung lebih mudah ketika dioperasikan. Anda juga bisa memilih mobil transmisi manual dengan harga yang lebih murah.

Perhatikan Konsumsi Bahan Bakar

Biaya bahan bakar tentunya akan menjadi pengeluaran utama dalam biaya operasional kendaraan. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menekan biaya tersebut adalah dengan memperhatikan kilometer jarak tempuh optimal dalam setiap liter konsumsi bahan bakar. Semakin jauh kilometernya maka konsumsi bahan bakarnya juga akan semakin irit.

Perhatikan Fitur Keselamatan yang Ditawarkan

Poin yang cukup penting dalam memilih mobil untuk keluarga adalah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang memadai. Pastikan setiap tempat duduk penumpang dilengkapi dengan seat belt dan sistem penguncian otomatis sehingga akan lebih aman untuk anak kecil. Namun kini sudah ada banyak mobil yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang lebih canggih.

Utamakan Kenyamanan

Kenyamanan dari sebuah kendaraan merupakan poin yang cukup penting untuk seluruh anggota keluarga. Kriteria kendaraan yang nyaman sendiri merupakan kendaraan yang dilengkapi dengan tempat duduk yang empuk, ruang yang lega, AC yang sejuk, suspensi yang empuk, hingga suara yang senyap. Untuk itu pastikan memilih mobil yang mampu menunjang kenyamanan keluarga.

Ketersediaan Layanan Purna Jual yang Ada

Layanan purna jual juga merupakan salah satu poin penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika hendak membeli kendaraan. Pasalnya ketersediaan layanan purna jual ini akan lebih membantu dan memudahkan Anda dalam mendapatkan suku cadang asli, servis resmi, hingga klaim garansi. Mobil dengan merek terkenal tentunya cenderung memiliki lebih banyak layanan purna jual.

Perhitungan Biaya Perawatan

Sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan, pastikan Anda melakukan perbandingan terlebih dahulu mengenai biaya perawatan mobil yang Anda inginkan dengan mobil lain sejenisnya. Pasalnya semakin kompleks teknologi yang digunakan pada kendaraan tersebut maka akan semakin besar pula biaya perawatan yang harus Anda keluarkan. Jadi pikirkan dengan baik ya.

Nah itulah beberapa poin penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika hendak membeli mobil untuk keluarga. Pastikan untuk menerapkan poin di atas agar mendapatkan kendaraan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa mendapatkan mobil keluarga terbaik dengan pilihan yang menarik toyota.astra.co.id yang sudah terbukti berkualitas.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *