Penyebab Wanita Menstruasi Lebih Sensitif

Ka Isanta – Ketika menstruasi datang selain nyeri kram perut juga biasanya diikuti oleh suasana hati naik turun atau emosi yang naik turun alias mood swing. Suasana hati wanita ketika menstruasi tidak bisa diprediksi, dalam satu hari emosi bisa berubah-ubah dari senang, sedih, marah atau tiba-tiba menangis.

Meski para peneliti tidak tahu persis mengapa perempuan jadi lebih sensitif saat haid, gejolak emosi yang Anda rasakan dicurigai terjadi sebagai efek samping pasang-surut hormon sebelum dan selama siklus menstruasi.

Perempuan mengalami tiga fase dalam hidupnya. Fase pertama terjadi pada masa kanak-kanak (0-12 tahun), fase kedua pada usia produktif (13-44 tahun), dan fase ketiga adalah fase menopause (lebih dari 45 tahun). Apalagi ketika berada pada masa peralihan, saat memasuki masa usia produktif dan mulai mengalami menstruasi. Hormon reproduksi seperti esterogen dan progesteron mulai ‘melakukan perannya’. Hormon esterogen dan progesteron mulai memengaruhi suasana hati. Ketika fase menstruasi terjadi, dinding rahim yang meluruh membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga tubuh mudah lelah dan terjadi mood swing.

Hal inilah yang menyebabkan seorang perempuan yang sedang menstruasi selalu lebih sensitif dan sering mengalami perubahan suasana hati yang cepat. Selain menyebabkan suasana hati berubah, ternyata fase menstruasi bisa juga dipengaruhi oleh faktor psikologi. Misalnya saja pada perempuan yang mengalami kesepian. Jauh dari keluarga atau sedang jauh dari suami. Gangguan menstruasi pun bisa muncul dalam dirinya.

Untuk itu sebaiknya hati-hati saat berbicara dengan wanita yang sedang menstruasi karena mood swingnya membuat mudah tersulut emosi. Perhatikan kata-kata yang diucapkan pada wanita yang sedang menstruasi agar tidak menyinggungnya. Kamu bisa baca ini https://ifreeindonesia.com/pssst-kalimat-kalimat-ini-yang-sering-menyulut-emosi-perempuan/ Untuk memperbaiki moodnya kamu juga bisa membantu wanita yang sedang menstruasi dengan meringankan sakit haidnya dengan memberikan obat penghilang nyeri atau pad penghilang nyeri https://ifreeindonesia.com/

Gangguan menstruasi yang biasanya terjadi pada perempuan biasanya adalah nyeri perut, volume darah yang keluar terlalu sedikit atau banyak, menstruasi menjadi sering atau bahkan waktu menstruasi menjadi singkat. Hidup di daerah yang stresfull atau keluarga broken home juga bisa bikin menstruasi enggak teratur. Bahkan daerah tinggal di dataran tinggi berpengaruh.

Untuk itulah salah satu hal yang harus dilakukan ketika gangguan menstruasi datang adalah mengikuti pemeriksaan psikologis.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *