Mudahnya Membuat Kulit Dimsum di Rumah Anti Sobek

Ka Isanta РSalah satu kunci membuat dimsum yang enak adalah dari kulitnya yang lembut dan juga kenyal saat di makan. Kulit pangsit untuk dimsum ini mudah sekali Anda temukan di pasar,  harganya sendiri juga relatif cukup murah.

Tapi jika Anda ingin membuat kulit dimsum sendiri di rumah berikut ini resep kulit dimsum yang bisa Anda gunakan. Resep yang satu ini tidak mengharuskan Anda menggunakan tepung tangmien, walaupun begitu rasanya tetap enak dan juga lembut. Ini dia resepnya:

resep kulit dimsum

Bahan:

  • tepung terigu yang protein tinggi 250 gram
  • air hangat125 ml
  • garam halus 1/2 sendok teh
  • tepung terigu serbaguna

Cara membuat:

  1. Campurkan protein tinggi dan juga garam, beri air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni
  2. Gilas adonan selama kurang lebih 5 menit, pastikan adonan jadi elastis dan tidak ada lagi adonan yang menggumpal. Jika sudah diamkan selama 30 menit
  3. Tambahkan lagi air sedikir demi sedikit sambil di uleni lagi hingga kali, cukup diamkan selama 1 menit.
  4. Bentuk adonan jadi lonjong dan potong adonan dengan berat 10 gram.jika sudah  bulatkan adonan dan diankan selama 1 menit.
  5. Pipihkan adonan menggunakan tangan, pastikan tidak ada permukaan yang sobek. Taburi dengan tepung supaya tidak saling menempel.
  6. Kulit dimsum siap untuk digunakan, jika ingin di simpan sebaiknya simpan di wadah yang tertutup.

Tips membuat kulit dimsum

Dalam membuat kulit dimsum ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, tips ini cukup penting supaya kulit dimsum yang Anda buat ini lembut dan tidak mudahh sobek, yuk langsung saja simak tipsnya:

  • Gunakan jenis tepung yang benar

Supaya hasil kulit dimsum Anda berkualitas Anda sebaiknya menggunakan tepung sagu dan juga tepung tang mien. Bagi Anda yang belum tahu tepung tang mien, tepung yang satu ini terbuat dari pati gandum dan punya tekstur yang sangat halus, lebih halus jika di bandingkan dengan tepung terigu. Dengan menggunakan tepung yang satu ini bisa membuat tekstur kulit dimsum Anda jadi lebih kenyal.

  • Gunakan takaran yang tepat

Selain memperhatikan pemilihan tepung, Anda juga harus perhatikan takaran yang tepat saat membuat kulit dimsum. Takarannya harus 1 banding satu Antara terigu, air dan tepung tan mien. Gunakan timbangan supaya hasilnya lebih akurat.

  • Tambahkan telur

Bagi Anda yang ingin membuat dimsum rebus sebaiknya anda tambahkan 1 butir telur ke dalam adonannya, dengan begitu kulit dimsum Anda akan jadi lebih lembut dan juga kenyal. Bagi Anda yang ingin membuat dimsum goreng sebaiknya jangan gunakan telur karenan nantinya kulit dimsum jadi tidak renyah.

  • Mengolah bahan dengan tepat

Saat Anda membuat kulit dimsum pastikan Anda menggunakan air yang panas, hal ini bertujuan supaya tepungnya tidak menggumpak. Selain itu adonan jadi mudah di uleni dan nanti hasilnya juga adonan kulit jadi tidak mudah sobek. Adonan juga harus didiamkan beberapa menit supaya mengembang.

  • Potong kulit dimsum dengan benar

Jika adonan yang Anda buat sudah jadi kemudian bentuk lonjong adonan dan potong dengan ukuran yang kecil jika sudah coba diamkan dulu adonan selama 1 menit, jika sudah Anda bisa pipihkan menggunakan mesin atau secara maual. Jika adonan sudah pipih Anda bisa memotong adonan sesuai dengan selera, bisa kotak atau bisa juga bulat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.