Lakukan Kebiasaan Ini Agar Lemari Es Anda Lebih Hemat Listrik

Ka Isanta – Bagi ibu rumah tangga, lemari es atau kulkas memiliki peranan yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan kulkas, makanan yang disimpan bisa terjaga kesegarannya dalam beberapa waktu ke depan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, telur, minuman, dan masih banyak lagi. Untuk menjaga kesegaran makanan yang ditampung di dalamnya, lemari es harus bekerja selama 24 jam nonstop.

kulkas hemat energi

Untuk mensiasati hal ini sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan, seperti dengan menggunakan kulkas hemat energi. Karena kulkas keluaran terbaru kini sudah melakukan inovasi dengan mengusung teknologi yang lebih hemat energi listrik. Agar semakin menghemat penggunaan listrik dan tidak menyebabkan tagihan listrik membengkak di akhir bulan, Anda juga perlu melakukan berbagai kebiasaan baik berikut ini:

  1. Memberi jarak antara kulkas dengan dinding dan sekitarnya agar tidak cepat panas dan beban kerjanya menjadi lebih ringan. Sehingga energi listrik yang diperlukan untuk beroperasi pun menjadi sedikit.
  2. Mengisi kulkas sesuai dengan kapasitasnya, karena mengisi kulkas dengan penuh akan membuat bahan makanan yang disimpan tidak dingin.
  3. Pastikan menutup pintu kulkas dengan rapat agar kulkas bisa mencapai suhu dingin dengan lebih cepat.
  4. Hindari membuka kulkas dalam waktu yang lama karena nyala lampu kulkas yang bisa menghabiskan energi listrik yang banyak dan membuat kulkas tidak awet dan tahan lama.
  5. Mengatur suhu kulkas sesuai dengan kebutuhan. Hindari mengatur suhu kulkas pada titik terendah karena akan menambah beban kinerja kulkas dan berimbas pada konsumsi energi listrik yang lebih banyak.
  6. Membersihkan kulkas secara teratur agar debu dan kotoran tidak menyumbat saluran pembuangan dan udara.
  7. Matikan kulkas pada kondisi tertentu, seperti saat di tinggal bepergian jauh.
  8. Menggunakan lemari es Panasonic hemat energi dan listrik.

Kebiasaan-kebiasaan baik yang sudah dijelaskan di atas bisa Anda terapkan untuk menghemat listrik pada penggunaan kulkas. Agar semakin maksimal, gunakan produk kulkas yang mendukung teknologi hemat energi listrik, seperti pada produk lemari es Panasonic. Tak perlu ragu dengan Panasonic karena brand elektronik yang satu ini sudah teruji kualitas dan ketahanan produknya.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *