Lakukan 4 Hal Ini Agar Klaim Asuransi Anda Tidak Ditolak

Ka Isanta – Memiliki asuransi kendaraan memang akan membuat Anda tidak perlu khawatir jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Hal ini karena akan ada yang menjamin kendaraan sehingga tidak akan membebani Anda ketika kendaraan mengalami kerusakan. Dengan adanya jaminan ini, setidaknya Anda bisa lebih tenang karena akan ada pihak asuransi yang akan meng-cover semua biaya perbaikan.

Saat mobil mengalami kerusakan, misalnya karena kecelakaan. Benar akan ada asuransi yang diandalkan, namun untuk mendapatkan tindakan dari pihak asuransi Anda harus lebih dulu melakukan klaim. Selain itu pengajuan klaim ini tidak selalu mudah, itu artinya klaim yang Anda ajukan bisa saja ditolak oleh pihak asuransi. Agar klaim Anda tidak ditolak, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

asuransi kendaraan

1. Lengkapi Dokumen Kendaraan dan Pengemudi

Klaim asuransi seringkali ditolak salah satunya ialah karena dokumen yang tidak lengkap. Setiap penyedia layanan asuransi memiliki aturan tersendiri perihal prosedur klaim. Jadi pastikan Anda tahu betul dokumen-dokumen apa yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim tersebut. Umumnya dokumen kendaraan maupun pengemudi dibutuhkan, mulai dari STNK, BPKB, faktur, SIM dan lainnya.

Inilah mengapa penting bagi Anda untuk selalu menyimpan dokumen penting dalam satu arsip sehingga mudah dicari setiap kali dibutuhkan untuk pengajuan klaim asuransi kendaraan MSIG Anda.

Dokumen-dokumen yang disebutkan sebelumnya merupakan dokumen dasar yang perlu Anda siapkan untuk melakukan klaim asuransi. Ada kemungkinan terdapat dokumen lain yang perlu Anda siapkan sesuai dengan syarat klaim dari pihak asuransi Anda. Selain itu, ada baiknya membuat salinan berupa fotokopi dari dokumen dasar yang disebutkan sebelumnya. Hal ini sebagai antisipasi jika terjadi kehilangan surat tersebut.

2. Perhatikan Batas Waktu Klaim Asuransi

Penyebab lain kenapa asuransi ditolak adalah batas waktu yang habis. Ya, ada kalanya nasabah tidak terlalu memperhatikan batas waktu pengajuan klaim. Tentu saja ini memungkinkan Anda tidak berkesempatan melakukan klaim. Apalagi batas waktu klaim mobil ini terbilang lebih singkat. Benar jika memiliki asuransi ini akan membuat Anda berkendara tanpa cemas, namun sebaiknya juga disertai dengan kedisiplinan Anda terhadap batas waktu yang diberikan ya.

3. Pastikan Polis dalam Keadaan Aktif

Ketika berencana mengajukan klaim, pastikan pula bahwa polis Anda dalam kondisi aktif. Akan percuma jika Anda memiliki asuransi namun polisnya tidak aktif. Pada kondisi polis yang tidak aktif ini pihak asuransi tidak akan menjamin biaya perbaikan kendaraan Anda. Jadi, jangan lewatkan poin penting ini agar klaim bisa diterima.

4. Pastikan Anda Tidak Melakukan Pelanggaran Hukum

Klaim asuransi ditolak bisa jadi memang karena kesalahan Anda sendiri. Misalnya Anda melakukan pelanggaran ketika berkendara. Bentuk pelanggaran ini seperti; mengemudi sambil merokok, mengemudi sambil mabuk, parkir sembarangan, tidak memiliki SIM dan lainnya. Jadi pastikan Anda juga mentaati aturan berkendara agar ketika membutuhkan asuransi tidak harus melalui prosedur yang ribet.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan agar klaim asuransi tidak ditolak. Adanya asuransi ini akan meringankan beban Anda sehingga dana darurat yang dimiliki tetap aman. Oleh karena itu jika ingin berkendara dengan nyaman dan aman, maka pastikan Anda memiliki asuransi. Apabila saat ini belum memiliki asuransi, sebaiknya segera beli asuransi mobil. Lagi pula kini sudah tersedia banyak layanan asuransi yang bisa dimanfaatkan. Ya, dengan asuransi kendaraan MSIG, berkendara tanpa cemas pun bisa Anda rasakan.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *