Kalkulator Masa Subur Itu Apa sih? Yuk, Kita Cari Tahu

Ka Isanta – Tak sedikit dari para wanita yang penasaran dengan kalender masa suburnya, terlebih jika mereka berencana untuk memiliki keturunan. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tidak semua hubungan sexual di setiap waktu itu bisa memberikan keturunan. Pasalnya, salah satu faktor yang membuat wanita menjadi tidak hamil itu dikarenakan tingkat kesuburannya. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengecek masa subur dengan menggunakan kalkulator masa subur.

Pada dasarnya, menghitung masa subur wanita dengan menggunakan kalender masa subur manual itu merupakan program hamil untuk menentukan kapan waktu berhubungan intim yang tepat agar hamil. Akan tetapi, kalender masa subur manual tersebut membutuhkan ketelitian dari seseorang yang sedang menghitung masa suburnya, dan juga harus rajin untuk menandai masa subur pada setiap bulannya.

Oleh karena itu, salah satu solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan kalkulator masa subur wanita. Lantas, bagaimanakah cara kerja atau fungsi dari kalkulator masa subur tersebut? Nah, biar kalian gak penasaran, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

program hamil

Pengertian Kalkulator Masa Subur Wanita

Jika kamu berencana ingin memiliki momongan, maka kalkulator masa subur ini sangat membantu dalam menentukan kapan saat yang tepat untuk berubungan intim bersama pasangan. Bukan hanya itu, kalkulator masa subur tersebut juga bisa kamu gunakan untuk sebaliknya, jika belum ingin memiliki momongan dengan cara menghindari hubungan intim pada saat terjadinya ovulasi. Pasalnya, hubungan intim pada masa terjadinya ovulasi tersebut dapat memperbesar kemungkinan hamilnya lho.

Kondisi kamu juga akan sangat subur pada hari sebelum dan sesudah ovulasi. Lantas, apa yang dimaksud dengan ovulasi? Ovulasi itu sendiri merupakan sebuah peristiwa, dimana terjadinya pelepasan sel telur yang menandakan bahwa wanita sedang berada dalam masa subur, dan mempunyai kecenderungan yang tinggi untuk berpotensi hamil.

Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa sperma yang memiliki daya tahan hingga 7 hari, justru ada kalanya kehamilan tidak terjadi secara langsung pada hari itu juga lho. Pada intinya, jika kamu ingin memiliki momongan, maka kamu dan pasanganmu harus merencanakan untuk berhubungan intim ketika sedang berada dalam masa subur.

Menurut informasi yang didapat, satu siklus menstruasi itu biasanya terjadi dalam 28 hari. Meski demikian, ada juga sebagian wanita yang mengalami siklus menstruasi mulai dari 22 hari hingga 36 hari, yang tergantung pada banyaknya variable tertentu. Siklus menstruasi akan dihitung dari hari pertama terjadi hingga satu hari sebelum menstruasi berikutnya. Misalnya, kamu mengalami menstruasi pada tanggal 1 Oktober 2019 dan menstruasi berikutnya terjadi di tanggal 29 Oktober 2019, yang artinya siklus menstruasimu selama 28 hari. Jika menstruasimu tidak memiliki lama siklus yang tepat, maka ada baiknya jika kamu mengamati selama 3 bulan serta ambilah rata-rata siklus menstruasimu.

Kalkulator masa subur wanita tersebut juga telah dilengkapi dengan beragam fitur, yang salah satunya dapat memperkirakan kapan kamu akan melahirkan jika kamu berhubungan intim pada saat ovulasi terjadi. Meski demikian, kalkulator masa subur tersebut hanya bersifat sebagai pemberi saran saja, yang terkadang hasilnya tidak sesuai keinginanmu. Namun, tidak ada salahnya juga jika kamu mencoba menghitungnya dengan menggunakan kalkulator masa subur tersebut kan?

Demikianlah ulasan singkat seputar pengertian dan cara kerja dari kalkulator masa subur, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *