Jangan Lakukan Hal Ini Supaya Laptop Tetap Tahan Lama dan Awet

Ka Isanta – Laptop menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang. Setiap harinya selalu berhadapan dengan benda ini terus menerus. Entah itu untuk bekerja, bermain game, menonton film, dan lainnya. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak bisa merawat dengan benar. Akhirnya laptop cepat rusak dan mengganti beberapa komponennya. Padahal komponenya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan komputer. Supaya laptop anda tetap tahan lama dan awet, jangan lakukan beberapa hal berikut ini.

laptop

Jangan Gunakan Laptop Terlalu Lama

Ada banyak komponen didalamnya, saat digunakan terus menerus semua komponen akan bekerja maksimal. Dan akhirnya semua komponen akan panas dan cepat rusak.oleh karena itu anda jangan gunakan terlalu lama. Bila sudah digunakan lebih dari 5 jam, istirahatkan. Ini akan membantu komponen dingin dan tidak cepat panas. Walaupun sudah dilengkapi dengan fitur overheat. Namun anda harus tetap menggunakannya dengan tepat. Jangan gunakan terlalu lama sampai seharian penuh.

Jangan Letakan Benda Berat di Atas Layar

Jangan pernah meletakan benda berat di atas layar, karena akan membuatnya cepat rusak. Walaupun memiliki spesifikasi bagus, layar tetap komponen yang rentan kerusakan. Bila terinjak atau terkena benda berat, akan membuat layar retak bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Oleh karena itu, jangan meletakan tumpukan buku terlalu banyak diatas layar. Anda juga tidak boleh meletakan tas diatasnya. Pastikan letakan dengan hati-hati dan simpan di tempat yang benar.

Jangan Letakan Laptop Di Atas Kasur

Inilah kebiasaan yang sering dilupakan banyak orang. Ketika sedang santai di kamar, kita akan membuka laptop di atas kasur sambil tiduran. Padahal kebiasaan ini akan membuat cepat rusak. Meletakan laptop diatas kasur, akan membuatnya lebih cepat panas. Karena panas yang dihasilkan tidak bisa dibuang dengan baik. Lubang dibagian bawah tertutup dengan kasur dan akhirnya membuat laptop semakin panas. Jika ingin menggunakan diatas kasur, pastikan ditambah dengan alas tambahan. Seperti tumpukan buku. Ini akan membuat laptop anda tidak cepat rusak dan bisa digunakan terus menerus

Bersihkan Keyboard Secara Rutin

Ketika laptop digunakan terus menerus, akan membuat debu semakin menumpuk. Biasanya debu-debu ini akan menumpuk dibagian keyboard. Jika debu ini tidak dibersihkan, akan membuat tuts tidak berfungsi dengan baik dan akhirnya rusak. Padahal untuk mengganti keyboard membutuhkan biaya sangat mahal. Oleh karena itu bersihkan keyboard dengan rutin. Bersihkan dengan menggunakan kuas halus. Jangan lupa untuk membersihkan layarnya dengan pembersih khusus, sehingga tetap awet dan bersih.

Jangan Gunakan Laptop Untuk Bermain Game Berat Terus Menerus

jika anda suka bermain game, pilihlah laptop yang khusus untuk bermain game atau spesifikasi tinggi. Namun bila laptop anda spesifikasinya masih rendah, jangan gunakan untuk bermain game berat terus menerus. Ini akan membuat kinerja laptop semakin berat. Hal ini akan membuat baterai cepat bocor dan rusak, komponen overheat dan lainnya. Bila ingin bermain game berat, pastikan laptop anda sudah mampu untuk menerimanya. Sehingga komponen tidak cepat panas dan rusak.

Keawetan laptop tergantung dengan penggunannya. Jika anda ingin bisa digunakan dalam waktu lama. Rawatlah dengan baik, jangan menggunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai kemampuannya. Selain itu jangan sering dijatuhkan, karena akan membuat komponen rusak. Sekian informasi yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *