Ini Dia Beberapa Tips agar Sambungan Pipa Tidak Mudah Bocor

Ka Isanta – Instalasi air bersih untuk konsumsi rumah tangga maupun industri saat ini lebih banyak menggunakan pipa berjenis PVC. Pipa ini berbahan baku ringan dan mudah diolah. Karena pipa jenis ini memiliki panjang yang cukup terbatas, maka diperlukan beberapa sambungan pipa dalam pemasangannya.

Teknik pemasangan yang kurang tepat seringkali menyebabkan kebocoran pada pipa. Kurangnya pengetahuan tentang cara pemasangan yang benar seringkali membuat Anda abai pada beberapa hal kecil saat penyusunan pipa.

Sebelum Anda mendapatkan kerugian lebih banyak di masa depan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips agar sambungan pipa yang Anda pasang tidak mudah lepas ataupun bocor. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Pertama, pastikan Anda menggunakan teknik yang tepat saat pemasangan pipa. Ada teknik kimia yang menggunakan lem perekat atau semen untuk pipa jenis PVC. Teknik heat fusion dengan cara memanaskan ujung pipa lalu menyambungkannya dengan yang lain. Atau teknik mekanik yang mengandalkan ulir pada sambungan untuk pipa.

Jika Anda memilih untuk menggunakan lem, pastikan lem yang Anda gunakan dapat merekatkan dengan baik. Jika Anda menggunakan sambungan berulir, pastikan sambungan sudah Anda pasang dengan erat untuk mencegah kebocoran.

Kedua, sesuaikan pemasangan pipa dengan kontur tanah. Untuk mencegah pecahnya pipa, ada baiknya Anda menyesuaikan pemasangan berdasarkan kondisi tempat pemasangan. Pipa air yang ditanam di bawah tanah juga harus disesuaikan agar tidak mudah muncul ke permukaan.

Untuk penyusunan pipa lainnya, Anda juga harus memerhatikan jenis pipa sesuai kebutuhan. Jika terdapat beberapa pipa dengan material berbeda, gunakan sambungan khusus agar fitting tidak mudah lepas atau bocor.

Ketiga, pastikan Anda menggunakan sambungan yang tepat. Kurangnya pengetahuan terhadap fungsi aksesoris pipa dapat menyebabkan kebocoran. Anda harus bisa mempertimbangkan sambungan seperti apa yang Anda butuhkan.

Anda juga harus menyempatkan untuk merawat pipa agar lebih tahan lama. Selain itu pemilihan pipa dengan kualitas yang baik juga membantu mencegah terjadinya kebocoran pipa. Gunakanlah produk-produk pipa air dan sambungan pipa dari Rucika yang sudah teruji kualitasnya.

Pipa akan semakin kuat anti bocor jika Anda meperhatikan berul-betul saat memotong dan menyambung pipa. Jangan sampai melakukan kesalahan. Apa saja sih yang harus diperhatikan? Ini yang Harus Diperhatikan Saat Memotong dan Menyambung Pipa.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *