Ini 3 Keunggulan Asuransi Syariah dari Asuransi Konvensional

Ka Isanta – Asuransi syariah menjadi pilihan banyak orang saat ini karena memiliki banyak keunggulan dan keuntungan yang tidak dimiliki oleh asuransi konvensional. Asuransi berbasis syariah ini juga terbebas dari unsur riba dan tidak jelas yang biasanya mewarnai produk asuransi biasa. Inilah beberapa keunggulan asuransi berbasis syariah.

1. Dana Dikelola Sesuai Prinsip Syariah

Sesuai dengan namanya, asuransi syariah menggunakan prinsip-prinsip syariah dalam setiap transaksinya. Dalam hal ini asuransi berbasis syariah juga diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah dari MUI sehingga menjamin semua transaksi yang terjadi.

Dana yang dikelola juga lebih transparan karena sudah ada kesepakatan yang jelas di awal antara nasabah dan pengelola dana. Dalam asuransi berbasis syariah, dana sepenuhnya milik nasabah. Sedangkan pengelola dana hanya mengambil keuntungan lewat biaya admin untuk mengelola dana hibah dari nasabah.

2. Ada Keuntungan Lain Dari Investasi

Asuransi berbasis syariah merupakan jenis asuransi jiwa dan investasi yang memakai sistem syariah. Berbeda dengan asuransi konvensional, lewat asuransi ini Anda juga bisa berinvestasi dalam instrument jangka pendek maupun panjang.

Hasil investasi ini akan dibayarkan saat Anda mengajukan klaim jika mengalami musibah. Dana hasil investasi akan diberikan bersamaan dengan santunan musibah. Ini merupakan solusi bagi Anda yang ingin berinvestasi tapi masih bingung ataupun ragu untuk memilih.

Melalui asuransi berbasis syariah, Anda bisa berkonsultasi pada pihak pengelola untuk memilih jenis investasi yang Anda butuhkan. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengambil hasil investasi kapanpun Anda butuhkan. Sangat fleksibel dan membantu, bukan?

3. Asuransi Berbasis Syariah Lebih Adil

Asuransi berbasis syariah terasa lebih adil karena konsep yang digunakan adalah konsep tolong menolong antar nasabah. Konsep ini berupa sistem donasi yaitu seluruh nasabah telah sepakat menghibahkan dana yang dikelola oleh asuransi untuk diberikan pada nasabah yang membutuhkan.

Hal ini menjadikan tidak ada yang dirugikan dalam mekanisme asuransi berbasis syariah ini. Selain itu, asuransi berbasis syariah tidak mengenal dana hangus jika nasabah tidak melakukan pembayaran premi dalam waktu tertentu. Bahkan jika nasabah memutuskan untuk keluar dari asuransi, dana yang selama ini dikontribusikan akan dikembalikan.

Inilah beberapa keunggulan asuransi berbasis syariah dari asuransi konvensional. Jika Anda tertarik mengikuti asuransi jiwa dan investasi sesuai syariah ini, Anda bisa memilih Allisya dari Allianz Syariah yang telah teruji kualitasnya.

Sebagai bagian dari #KadoRamadhanAllianz, Allianz saat ini tengah mengadakan sebuah event kepenulisan blog yang mengusung tema ‘KadoUmroh Allianz’. Ini merupakan event kepenulisan yang berisi kisah-kisah inspiratif dari sosok-sosok di sekitar Anda yang berhak mendapatkan kado umroh dari Allianz.

Telah terpilih 25 kisah inspiratif yang bisa Anda baca dan berikan vote di kadoumroh.allianz.co.id. Ayo wujudkan impian mereka untuk menginjakkan kaki ke tanah suci.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *