Hidung Sering Mampet? Kenali Penyebab dan Obatnya Berikut Ini!

Ka Isanta – Orang dengan kekebalan tubuh yang kuat akan lebih kebal terhadap penyakit terutama penyakit infeksi yang bisa dimiliki akibat tertular dari orang lain. Flu dengan gejala hidung tersumbat menjadi salah satu contoh penyakit infeksi yang dengan mudah menyerang mereka dengan kekebalan tubuh rendah. Akan tetapi bagi mereka yang sehat dan fit, ada juga yang sering mengalami hidung tersumbat meski tak merasakan sakit kepala atau demam seperti pada gejala flu umumnya. Jika bukan karena flu, lalu apa penyebab hidung sering mampet?

Antialergi dan dekongestan

Ada beberapa sebab lain mengapa saluran pernafasan menciut yang menyebabkan hidung mampet sehingga susah bernafas. Salah satu sebab lainnya adalah adanya reaksi alergi terhadap benda tertentu. Ada banyak gejala alergi yang bisa terjadi salah satunya menyerang sistem pernafasan dan mengakibatkan gangguan di hidung maupun tenggorokan. Serbuk sari bunga yang terhirup, makan makanan tertentu, debu dan adanya benda asing yang masuk ke dalam hidung bisa menjadi sebab alergi muncul dan menunjukkan gejala tersebut.

Untuk pengobatannya, tentu saja dibutuhkan obat antialergi dan dekongetanAnti alergi digunakan untuk memblokir reseptor yang bereaksi terhadap alergi sehingga reaksi tubuh kembali normal. Sedangkan dekongestan digunakan untuk memperlebar pembuluh di saluran pernafasan agar nafas kembali lancar. Kedua obat ini bisa Anda dapatkan di apotik setelah memeriksakan diri ke dokter. Jika ada benda asing yang masuk ke dalam hidung, periksa ke dokter juga menjadi cara yang lebih aman sehingga dokter bisa mengeluarkannya menggunakan alat yang lebih steril.

Meski obat anti alergi umumnya hanya bisa dibeli menggunakan resep dokter, namun Anda bisa membeli obat dekongestan secara mandiri. Jika Anda sering mengalami hidung tersumbat akibat reaksi alergi ataupun flu, maka Anda bisa menyediakan obat dekongestan berupa cairan semprot ataupun obat minum yang bisa langsung dibeli di apotik. Untuk cara pembelian yang lebih cepat dan efisien, Anda bisa memesannya secara online di https://www.goapotik.com/ yang memiliki banyak sediaan obat dekongestan untuk meringankan gejala flu dan alergi Anda.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *