Dukungan Atas Pemberdayaan Perempuan di Indonesia Oleh Raja Garuda Mas

Ka Isanta – Sukanto Tanoto yang merupakan seorang tokoh berpengaruh di bidang bisnis selama ini menjadi seorang pengusaha yang menjalankan kunci sukses dalam mengelola grup usaha dibawah naungan RGE yaitu penghargaan atas aspek profesionalitas. Ia juga terbukti tidak pernah sekalipun membeda – bedakan karyawan atas dasar gender karena dalam pendirian usaha Sukanto Tanoto memang senantiasa mengedepankan aspek kesetaraan gender.

Hal tersebut memang selama ini sudah dibuktikan oleh Royal Golden Eagle dengan menjaga agar karyawan tidak dibeda – bedakan. Hal ini juga dibuktikan oleh RGE kepada salah satu karyawannya yang bernama Anisa Handiyani. Siapakah dia? Dan bagaimana dukungan atas pemberdayaan perempuan di Indonesia oleh RGE atas Anisa Handiyani?

Dukungan Pemberdayaan Perempuan di Indonesia Oleh RGE

Anisa Handiyani yang merupakan seorang Sustainability Officer di bidang Department Environmental, Sustainability, dan juga Corporate Social Responsibility merupakan pegawai yang membuktikan adanya kesetaraan gender di grup perusahaan yang berada dibawah naungan RGE atau yang awalnya bernama Raja Garuda Mas ini.

Dulunya dia pernah mendapat dukungan dari yayasan milik Sukanto yaitu Tanoto Foundation berupa National Champion Scholarship atau beasiswa berprestasi. Selain itu, selama ia bekerja di perusahaan Asian Agri ia juga mengurusi sertifikasi RSPO atau Roundtable Sustainable Palm Oil dan juga Indonesian Sustainable Palm Oil System atau ISPO. Annisa Handayani mengatakan bahwa pekerjaan utamanya adalah melakukan koordinasi dengan para pemimpin unit yang lain dalam melakukan pengecekan implementasi di lapangan apakah memang sudah benar – benar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh RGE pusat atau belum. Ia juga perlu melakukan pengecekan atas implementasi atau tata laksana berbagai macam aspek di lapangan apakah benar – benar sesuai dengan standarisasi atau belum. Waktunya juga sebagian besar diluangkan untuk bekerja di perkebunan yang berada di Negara Lama, Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Dalam pekerjaan ini tantangan paling besar yang dihadapi oleh Anisa adalah semua pekerjaan yang kebanyakan dilakukan pria namun Anisa sudah berhasil melakukannya. Terdapat  juga komite gender yang tujuan pembentukannya adalah melindungi, memberikan edukasi serta memberdayakan pekerja perempuan. Standar operasional prosedur yang melindungi serta memberikan penanganan terhadap berbagai isu gender semuanya dapat ditemukan dengan adanya komite tersebut. Dengan dukungan tersebut, pendiri Royal Golden Eagle tentu sangat berharap bahwa pekerja perempuan semangat dan merasa tenang karena sudah terlindungi hak dan kewajibannya tanpa dibeda – bedakan.

Salah satu perusahaan dibawah naungan RGE yaitu Asian Agri sudah memberikan kesempatan bekerja sama kepada semua pihak. Setiap orang yang bekerja sama dengan Asian Agri semuanya akan diberikan kesempatan yang sama untuk melakukan dan berprestasi dengan cara yang sama tanpa peduli jenis kelaminnya.

APRIL Grup yang juga merupakan salah satu anak perusahaan Sukanto Tanoto yang bergerak di bidang pulp and kertas juga melakukan hal yang serupa dengan yang dilakukan oleh Asian Agri. Mereka turut memiliki unit yaitu PT RAPP yang berani membuka jalan bagi wanita untuk mengendalikan forklift yang mana hal ini juga bukan merupakan suatu hal yang mudah. Salah satu karyawan wanita yang mengendarai forklift di PT RAPP adalah Lita Safriana yang mana ia bisa membuktikan bahwa wanita juga bisa dengan jeli mengangkut kertas dari kawasan flexi area ke gudang. Bukti inilah yang juga menjadi salah satu bukti bahwa dorongan kesetaraan gender bagi pria dan wanita di perusahaan yang bernaung di bawah RGE sudah berjalan dengan sangat baik sampai detik ini.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.