Doa Interview Kerja

Ka Isanta  – Interview kerja merupakan momen yang sangat penting dan menegangkan, khususnya bagi para pemula yang baru melamar kerja untuk pertamakalinya. Walaupun sudah melakukan berbagai persiapan yang matang dan berlatih, namun tetap saja akan membuat jantung deg-degan berdegup kencang dan bahkan hingga panik saat hendak masuk ke rungan interview kerja tersebut.

Nah, bagi anda yang akan menghadapi interview/wawancara kerja, ada doa-doa yang bisa diamalkan untuk mengurangi rasa gugup dan panik saat akan interview. Doa ini dibaca sebelum memasuki ruang interview sehingga bisa menghilangkan ketegangan.

doa interview kerja

1. Membaca Bismillah Saat Hendak Keluar Rumah

Supaya langkah anda menuju tempat interview berjalan dengan lancar dan hati menjadi lebih tenang, maka anda bisa membaca doa ini saat keluar rumah :

Bismillah Tawakaltu ‘Alallahi Walaa Haula Walaa Quwwata Illa Billah

Artinya : “Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertwakal kepada-Nya, dan tiada daya daan kekuatan kecuali karena pertolongan Allah.”

Sebaiknya doa ini diucapkan saat hendak membuka pintu atau sebelum melangkahkan kaki keluar pintu rumah. Dengan membaca doa ini, diharapkan perjalanan anda ke tempat interview akan berjalan lancar dan dilindungi oleh Allah Subhana Wa Ta’ala. Doa ini juga bisa dibaca untuk memohon perlindungan Allah Subhana Wa Ta’ala saat akan bepergian kemanapun atau melakukan ativitas apapun.

2. Selalu Berzikir

Supaya hati anda lebih tenang dan siap menghadapi apapun, maka berzikirlah di sepanjang perjalanan dan sebelu masuk ke tempat interview. Adapun salah satu lafaz zikir yang bisa anda baca adalah :

Laa Ilaha Illallah

Artinya : “Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah.”

Bacaa ini berfungsi untuk mengurasi ras khawatir dan takut. Maka dari itu, bacaan ini bisa dilucapkan selama perjalanan hingga menunggu giliran masuk ke ruang interview kerja. Selain itu, dengan berzikir juga bisa membuat hati menjadi lebih tenang dan meningkatkan fokus serta mengurangi gelisah berlebih selama di perjalanan dan menunggu waktu giliran interview.

3. Doa Saat Hendak Memasuki Ruang Interview

Sebelum memasuki ruang interview anda bisa membaca doa interview kerja ini.

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahla

Artinya : “Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau mudahkan dan tidak ada yang sulit jika Engkau menghendakinya kemudahan. Selain itu, doa ini sebaiknya diucapkan sambil mengatur napas dan meyakinkan diri bahwa anda bisa menghadapi interview kerja dengan sempurna.  Doa ini merupakan doa Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wassallam yang termaktub dalam hadits riwayat Ibnu Hiban yang disampaikan oleh Anas bin Malik.

4. Doa Keluar Ruang Interview Kerja

Setelah anda keluar dari tempat interview, maka sebaiknya anda membaca doa ini.

Allahumma laka aslamtu wa bika amantu wa’alaika tawakaltu, wa ilaika anbtu, wa bika khoshomtu. Allahumma inni a’udzu bi ‘izzatika laa ilaha illa anta an tudhillabii. Antal hayyu alladzi laa yamuut wa jinnu wal insu yamuutun.

Artinya : “Ya Allah, aku berserah diri pada-Mu, aku beriman pada-Mu, aku bertawakal pada-Mu, aku bertaubat pada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu, tidak ada ilah selain Engkau yang bisa menyesatkanku. Engkau. Engkau Maha Hidup dan tidak mati (HR. Muslim no.2717).

Doa ini diucapkan supaya anda bisa bertawakal kepada setiap keputusan Allah Subhana Wa Ta’ala, apapun itu hasilnya.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *