Berlibur Sambil Belajar di Cirebon Bersama Si Kecil? Singgahi 5 Tempat Wisata Ini

Ka Isanta –¬†Mengajak sang buah hati berlibur tak melulu harus dengan berkunjung ke pantai atau pusat perbelanjaan. Bahkan, Anda bisa mengajak mereka untuk tetap belajar di sela-sela waktu liburan. Pastinya, belajar di sini bukan dengan membawa buku pelajaran, ya, melainkan mengunjungi destinasi wisata bernuansa edukasi.

(sumber : mapalapreuner.tk)

Cirebon menjadi salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki berbagai destinasi wisata edukasi menarik. Melalui tempat-tempat ini, Anda bisa mengenalkan si kecil pengetahuan yang tak mereka dapatkan di bangku sekolah. Tunggu apa lagi, segera ajak si kecil menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung ke destinasi wisata edukasi di Cirebon berikut ini.

  1. Keraton Kanoman

Tak hanya Solo dan Jogja, Cirebon juga memiliki riwayat cerita kerajaan yang amat kental. Hal ini dibuktikan dengan berdirinya bangunan keraton di wilayah ini, seperti Keraton Kanoman. Bangunan bersejarah ini berlokasi di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Lemah Wungkuk, Cirebon, tepatnya di belakang Pasar Kanoman. Kabarnya, awal mula berdirinya Keraton Kanoman ini adalah karena Sultan Cirebon membagi kekuasaannya kepada ketiga putranya.

  1. Taman Kera

Seperti namanya, Taman Kera adalah taman luas yang di dalamnya hidup ratusan kera. Taman ini berlokasi di Kawasan Hutan Lindung Plangon, tempat yang sama saat Sunan Kalijaga melakukan petilasan. Selain bermain bersama kera, Anda juga bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi makam dan masjid keramat. Saat berkunjung, pastikan Anda membaca camilan, ya, karena kera-kera di sini senang meminta makanan dari para pengunjung.

  1. Wana Wisata Air Taman Ade Irma Suryani

Dahulu, Taman Ade Irma Suryani hanyalah sebuah taman dengan kebun binatang. Kini, taman yang berada di Jl. Yos Sudarso No. 1, Cirebon, ini telah mengalami perubahan dan memiliki wana wisata air lengkap dengan permainannya. Taman terbesar di Cirebon ini terletak tepat di sisi laut pantai utara dan tak jauh dari pelabuhan. Tak hanya bermain, Anda pun bisa mengajak keluarga dan si kecil untuk menjajal aneka kuliner khas Cirebon di taman ini.

  1. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan merupakan pusat pemerintahan pertama di Kota Cirebon. Keraton yang kini beralih fungsi menjadi museum ini juga disebut sebagai ikon Kota Cirebon dari awal pembangunannya hingga sekarang. Di sini, Anda bisa mengajak si kecil melihat-lihat berbagai benda bersejarah sekaligus mengetahui sejarah penyebaran Islam di Indonesia. Keraton ini dibangun oleh salah satu cicit dari Sunan Gunung Jati, Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada tahun 1529.

  1. Desa Belawa

Berlokasi di Kecamatan Lemah Abang, tepatnya di sebelah timur Kota Cirebon, Desa Belawa adalah salah satu destinasi wisata yang harus Anda kunjungi. Pasalnya, di desa ini hidup Kura-Kura Belawa yang merupakan satwa langka paling dilindungi. Bersama si kecil, Anda bisa melihat bagaimana ukuran dan penangkaran kura-kura ini.

Sebelum bepergian, pastikan Anda telah mendapatkan hotel murah di Cirebon untuk tempat menginap. Anda bisa memilih Airy Rooms, akomodasi berbujet rendah dengan fasilitas berkelas dan mewah. Di dalam kamar, tersedia tempat tidur yang nyaman lengkap dengan AC, televisi layar datar, juga akses internet super cepat dan air mineral gratis. Di bagian kamar mandinya, tersedia shower air panas dan peralatan mandi yang lengkap.

Untuk memesan, cukup buka website atau aplikasi Airy Rooms. Pastikan Anda memilih lokasi dan tipe kamar yang tepat ya. Setelah itu, selesaikan transaksi dengan kartu kredit atau transfer antar bank apa saja. Yuk, liburan sekarang juga!

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.