Berkunjung ke Celebes Canyon, ‘Kembaran’ Grand Canyon di Makassar

Ka Isanta – Sebagai pusat pemerintahan dan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar tentunya menyediakan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan saat liburan di sana. Untuk penginapan, misalnya, ada banyak hotel di Makassar yang dapat dipilih sesuai jenis kamar dan harganya. Belum lagi, objek-objek wisata menarik seperti Celebes Canyon di Kabupaten Barru yang punya lanskap menyerupai Grand Canyon di Amerika Serikat.

kaisanta-celebes canyon

Pernah mendapat penghargaan wisata

Menawarkan bentang pegunungan dan hamparan laut, Celebes Canyon dengan cepat mengundang perhatian dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahannya pun berhasil menyabet sebuah penghargaan dari Anugerah Pesona Wisata. Maka, wajar saja jika sampai sekarang Celebes Canyon menjadi salah satu objek wisata alam favorit di Makassar.

Keunikan dan pesona Celebes Canyon bukan hanya terlihat dari bentuknya yang menyerupai Grand Canyon di Arizona. Berada di aliran Sungai Ule, objek wisata alam tersebut rupanya dikelilingi area persawahan yang akan menyambut wisatawan sejak masuk area parkiran. Wisatawan dapat menikmati keindahannya sambil menyusuri jalan menuju Celebes Canyon selama kurang lebih 20 menit.

Sesampai di Celebes Canyon, wisatawan akan menjumpai aliran sungai jernih, latar belakang pegunungan hijau yang menyegarkan, dan tentunya lekukan tebing-tebing karst yang memukau. Karena aliran airnya yang masih bersih dari sampah, wisatawan bisa dengan tenang melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, merendam kaki, atau sekadar mengagumi pesona alam untuk melepas penat di Sungai Ule.

Belum dilengkapi fasilitas memadai

Dibanding beberapa objek wisata populer lain di Makassar, Celebes Canyon termasuk destinasi wisata yang belum memiliki fasilitas memadai. Fasilitas seperti area parkir di tempat ini pun merupakan hasil pengelolaan swadaya masyarakat setempat. Sementara fasilitas-fasilitas umum seperti toilet, tempat makan, atau penginapan di sekitar Celebes Canyon juga belum tersedia.

Oleh karena itu, Anda harus mengantisipasi perjalanan ke Celebes Canyon dengan membawa bekal sendiri dan memastikan kendaraan Anda bisa masuk ke area parkir. Kumpulkan sampah-sampah dari makanan yang Anda gunakan saat berada di sana untuk menjaga kebersihan di sekitar Celebes Canyon.

Akses dan rute ke Celebes Canyon

Celebes Canyon secara administratif berlokasi di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Kendati tempatnya belum terjamah sentuhan modern perkotaan, akses menuju Celebes Canyon terbilang mudah.

Dari pusat Kota Makassar, Anda bisa langsung meluncur ke Kabupaten Barru melewati Kabupaten Maros. Setelah itu, Anda bisa memakai Jalan Pangkajene-Barru menuju Kabupaten Barru. Begitu sampai di Kabupaten Barru, teruskan perjalanan Anda ke Desa Libureng. Sejumlah papan petunjuk yang terpasang di kawasan pedesaan tersebut akan membantu Anda menemukan Celebes Canyon.

So, mau merasakan pengalaman terbaik di Celebes Canyon? Pastikan Anda pergi di musim kemarau, ya. Semoga perjalanan Anda ke Celebes Canyon lancar dan aman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *