7 Ragam Fungsi dan Kasiat Lidah Buaya untuk Tubuh

Ka Isanta – Lidah buaya dikenal sejak lama sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Barangkali Anda juga sering menemui produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar ataupun bahan campuran lidah buaya. Apa saja sih kasiat lidah buaya untuk tubuh? Berikut ulasannya.

kasiat lidah buaya untuk tubuh

  1. Lidah Buaya dapat Mempercepat Penyembuhan Luka Luar

Lidah buaya atau aloe vera mengandung zat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka luar. Tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki kandungan anti bakteri yang efektif mengatasai infeksi yang disebabkan bakteri. Sehingga, luka luar pun cepat pulih berkat kasiat lidah buaya.

  1. Lidah Buaya dapat Mengatasi Iritasi

Iritasi yang terjadi pada kulit seperti radang, eksim, psoriasis, dan rosacea. Lidah buaya juga bisa mengatasi iritasi-iritasu tersebut. Dibanding harus menggunakan obat-obatan kimiawi yang belum tentu cocok dengan kulit Anda, tidak ada salahnya Anda mencoba lidah buaya sebagai pengobatan iritasi kulit.

  1. Lidah Buaya dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu kasiat lidah buaya untuk tubuh adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Lidah buaya membantu penyerapan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh sehingga sistem imun pada tubuh akan meningkat. Anda dapat mengkonsumsi lidah buayadalam bentuk sumplemen maupun jus lidah buaya.

  1. Lidah Buaya dapat Membasmi Plak Gigi

Lidah buaya memiliki fungsi yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik yang termasuk ke dalam golongan anti-mikroba. Oleh karena itu, lidah buaya dapat berkasiat sebagai obat kumur yang dapat mengurangi dan membasmi plak gigi.

  1. Lidah Buaya dapat Membantu Proses Detoksifikasi

Tubuh terkadang membutuhkan kurun waktu yang lumayan lama untuk mengeksresikan semua racun di dalamnya. Proses itu juga dikenal sebagai proses detoksifikasi. Rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses ini dalam tubuh akan lebih cepat.

  1. Lidah Buaya dapat Mengurangi Berat Badan

Karena lidah buaya bermanfaat dalam proses detoksifikasi, secara tidak langsung lidah buaya juga melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga, tidak ada timbunan lemak dan sistem pencernaan pun akan terjaga kesehatannya. Maka, bagi Anda yang memiliki rencana untuk diet untuk mengurangi berat badan, tidak ada salahnya mencoba lidah buaya.

  1. Lidah Buaya sebagai Sumber Asam Amino

Asam amino tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, padahal asam amino sangat penting bagi tubuh. Anda bisa mengkonsumi lidah buaya dalam bentuk minuman/jus lidah buaya. Jus tersebut mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Maka, lidah buaya sangat berkasiat untuk memenuhi asupan asam amino Anda.

Itu dia 7 ragam fungsi dan kasiat lidah buaya untuk tubuh yang mungkin belum Anda tahu. Daripada harus menggunakan obat-obatan kimiawi yang potensial memiliki efek samping, Anda bisa menggunakan lidah buaya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Selamat mencoba.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.