5 Keadaan Lutut yang Perlu Operasi Total Knee Replacement

Ka Isanta – Gejala degeneratif lutut awalnya mungkin dianggap remeh. Soalnya rasa nyeri yang muncul tidak seberapa. Hanya sekadar merasa tidak nyaman saat beraktivitas seperti naik-turun tangga dan lainnya. Kalau sudah parah, lakukan operasi. Toh biaya operasi TKR sangat terjangkau, yakni minimal 70 juta Rupiah. Inilah keadaan lutut yang wajib dioperasi.

1. Nyeri yang Membatasi Aktivitas

Tanda ini sangat mudah dideteksi kalau sehari-harinya Anda banyak melakukan aktivitas. Misalnya berkerja secara serabutan di suatu tempat. Hampir semua pekerjaan Anda tangani. Bahkan mungkin juga turut mengontrol laku para pekerja di tempat kerja tersebut. Namun suatu hari Anda mengalami nyeri yang tidak biasa.

Bahkan saat dipaksakan untuk beraktivitas seperti biasa tetap tidak bisa. Alhasil, produktivitas pun menurun. Padahal dari situlah selama ini Anda mendapatkan penghasilan utama. Tentu dengan operasi yang dilakukan oleh dokter-dokter ahli di dokter.my, dalam waktu beberapa bulan bisa aktif lagi.

2. Nyeri Lutut saat Istirahat

Rupanya tidak hanya sekadar membatasi aktivitas sehari-hari, tetapi wajib operasi jika masa-masa istirahat pun terganggu. Padahal masa-masa itulah yang bisa digunakan untuk recovery atau pemulihan tenaga setelah bekerja. Sangat menyiksa sekali, bukan? Mau istirahat menonton televisi, mendengarkan radio, atau baca koran secara santai pun tidak bisa.

Akibatnya, jika tidak segera ditangani, bisa berdampak stres. Biaya operasi TKR yang dijalankan tidak membutuhkan angka besar kok. Minimal hanya 70 juta Rupiah. Sedangkan proses rehabilitasinya sangat lengkap sampai bisa berjalan normal seperti biasa. Sudahkah Anda mempertimbangkan hal ini?

3. Terjadi Peradangan Lutut

Kalau sudah begini sih memang harus operasi. Khawatirnya, radang tersebut akan terus membengkak seiring waktu. Bukan hanya mengganggu aktivitas maupun istirahat, tetapi bisa mengganggu kehidupan Anda secara total. Soalnya terbiasa hidup dengan lutut dan kaki yang normal. Efek buruknya jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan fungsi sendi lumpuh.

4. Mengalami Cacat Lutut

Ketika sudah masuk ke tahap cacat atau tidak bisa digunakan dengan baik untuk berjalan, lebih baik lakukan operasi Total Knee Replacement. Mumpung disfungsi sendi dan otot di dalamnya menyebar ke bagian kaki lainnya. Baiknya lakukan penggantian sendi lutut secara total atau 2 kaki sekaligus untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan nanti.

Ketika cacat lutut terjadi, hampir tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa. Biasanya merambat pada tekanan batin yang hebat. Misalnya takut dengan tanggapan dari sosial atau masyarakat setempat. Takut terhadap pandangan mereka setelah tahu Anda mengalami cacat pada lutut. Sebelum gejalanya bertambah parah, langsung hubungi dokter bedah di rumah sakit ini.

5. Terjadi Kram Lutut

Kejadian seperti ini akan menyebabkan lutut sulit ditekuk ataupun diluruskan. Ketika sudah terjadi secara rutin, tentu sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Dengan operasi ini, kram pada lutut tersebut bisa disembuhkan secara total.

Sembuh atau tidak, mutlak menjadi pilihan Anda. Operasi Total Knee Replacement yang dikoordinasi oleh Dr. Wong Chung Chek dan Dr. Lee Woo Guam selama ini menjadi opsi terbaik untuk hidup secara sehat dan normal. Kemampuan mereka sudah terbukti lebih dari 20 tahun saat menangani penggantian sendi lutut, pinggul, bahu, dan lainnya.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *